Vietnam Masuk 12 Tim Kejutan Tahun 2019, Di Mana Timnas Indonesia?

Laga kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia kontra Vietnam
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – FIFA baru saja merilis 12 tim yang tampil mengejutkan di tahun 2019. Timnas Vietnam termasuk di dalam daftar tersebut. Vietnam tahun ini memang mencapai sejumlah kesuksesan.

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

Mereka membuat sejarah setelah mencapai perempat final Piala Asia 2019 dan telah tiga kali memenangkan pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Pada awal tahun ini, Vietnam berhasil mengalahkan Yordania di babak 16 besar Piala Asia. Ini menjadi catatan terbaik Vietnam sejak terakhir kali berada di fase yang sama pada 2007 lalu. Namun, langkah Vietnam harus terhenti setelah dikalahkan Jepang 0-1.

Kata Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Libas Australia

Di bawah arahan juru taktik asal Korea Selatan, Park Heng-seo, Vietnam juga mengejutkan di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka berhasil menang tiga kali beruntun melawan Uni Emirat Arab, Malaysia dan Timnas Indonesia.

Vietnam memulai kualifikasi pada September 2019 dengan hasil imbang tanpa gol melawan Thailand. Kemudian, The Golden Stars berhasil mengalahkan Malaysia 1-0 di kandangnya di Stadion My Dinh di Hanoi, 10 Oktober 2019.

Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA

Selanjutnya, mereka berhasil mempermalukan Timnas Indonesia saat berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 15 Oktober 2019. dengan kemenangan 3-1

Setelah itu, Vietnam tampil gemilang usai mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0. Dengan hasil tersebut, Vietnam berada di puncak Grup G dengan poin 11. 

Di akhir tahun 2019 ini, Vietnam bercokol di peringkat ke-94 FIFA, atau peringkat ke-14 di Asia dan peringkat pertama di Asia Tenggara dengan skor 1.258. 

Melansir vnexpress, ini menjadi peringkat terbaik Que Ngoc Hai cs sejak 2003 dan peringkat tertinggi kedua, setelah mereka naik ke posisi 84 pada September 1998.

Tim lain yang mengejutkan dunia adalah Korea Selatan U-20 yang berhasil mencapai final Piala Dunia U-20. Selain itu juga ada Timnas Italia Putri.

Selanjutnya, FIFA juga memasukan Timnas Aljazair dalam daftar 12 tim mengejutkan di 2019. Aljazair tahun ini sukses memenangkan Piala Afrika dan mengakhiri kekeringan gelar 29 tahun. 

Tahun ini, Riyad Mahrez cs juga naik 28 peringkat untuk mencapai urutan 40 di rangking FIFA. Tim mengejutkan lainnya yang disebutkan oleh FIFA adalah Timnas Belanda Putri, Timnas Qatar, Kosovo, Ukraina, Haiti dan Irak.

Nah, di mana Timnas Indonesia berada? Berbanding terbalik dengan Vietnam, tahun ini Timnas Indonesia masih terjebak di kesalahan yang sama. 

Timnas Indonesia mengakhiri tahun 2019 berada di posisi 173 dengan 964 poin. Tahun ini, Timnas Indonesia memainkan delapan laga dengan catatan memalukan yaitu enam kali kalah dan hanya dua kali menang. 

Enam kekalahan itu lima di antaranya diderita skuat Garuda kala berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia . Timnas Indonesia hancur lebur, dan kini berada di dasar klasemen Grup G.

Timnas Indonesia takluk saat melawan Timnas Malaysia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis 5 September 2019

Hasil minor itu akhirnya memaksa PSSI memecat pelatih sebelumnya, Simon McMenemy. Saat ini, PSSI telah menunjuk juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia.

Proyek terdekat Tae-yong akan mengumpulkan 60 pemain untuk ia persiapkan menghadapi sisa pertandingan di Kualfikasi Piala Dunia 2022. Ujian berat sudah menanti Tae-yong, Timnas Indonesia bakal bertandang ke Stadion Rajamangala untuk menghadapi tuan rumah Thailand pada 26 Maret 2020. 

Masalah lainnya adalah, Indonesia juga masih akan bertandang ke Vietnam. Tepatnya di laga pamungkas Grup G pada 4 Juni 2020. Menarik menanti aksi Timnas Indonesia pada tahun depan. Apa mungkin Indonesia akan mengikuti jejak Vietnam sebagai tim mengejutkan di tahun 2020? Kita nantikan saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya