Jokowi Bakal Resmikan Stadion Manahan di Laga Persis Vs Persib

Stadion Manahan, Solo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA – Presiden Joko Widodo kemungkinan besar bakal hadir dalam acara peresmian Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu 15 Februari 2020. Rencananya, dalam peresmian tersebut akan digelar pertandingan uji coba antara Persis Solo melawan Persib Bandung.

Sekjen Gerindra Blak-blakan Akui Prabowo Sudah Mulai Bicara Menteri

Peresmian Stadion sengaja dilakukan secara mendadak atas permintaan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy itu mengakui, meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk meresmikan Stadion Manahan memang secara tiba-tiba.

"Secara tiba-tiba saya yang minta tadi ke beliau (Presiden Joko Widodo) untuk meresmikan, daripada nanti cuma hadir menonton sepakbola dan coba lapangan. lebih baik lagi sekalian meresmikan. Lalu, tanggapan beliau oke," kata Rudy, di Stadion Manahan, Jumat 14 Februari 2020.

5 Fakta Marhan Harahap Meninggal Usai Diseret Petugas saat Hendak ke Masjid

Permintaan untuk segera diresmikan itu bukan tanpa alasan, selain proyek revitalisasi Stadion Manahan telah selesai sejak September lalu, Rudi juga mengatakan bahwa hari Sabtu ini menurut pasaran penghitungan kalender Jawa merupakan hari yang baik.

"Kalau mau diresmikan Sabtu ini sekalian saja daripada mengumpulkan massa lagi. Apalagi, harinya kan baik, Sabtu Legi. Jadinya, kami cari yang manis-masih," ucapnya.

Sosok Sendi Fardiansyah, Sespri Iriana Jokowi yang Bakal Maju Pilkada Kota Bogor 2024

Lebih lanjut, Rudy menjelaskan bahwa pertandingan persahabatan antara Persis vs Persib Bandung akan menjadi momentum untuk mencoba lapangan baru. Selain itu, pertandingan nanti juga untuk memperingati ulang tahun kelompok suporter pendukung Persis Solo, Pasoepati, yang ke-20.

Rudy pun meminta kepada para suporter yang hadir untuk tidak merusak fasilitas stadion saat laga nanti.

"Pertandingan besok juga untuk edukasi bagi para suporter dan pemain karena nantinya Persis Solo kandangnya di sini. Jadi yang tertib jangan ada corat-coret dan vandalisme," ujar Rudy.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, peresmian Stadion Manahan Solo sudah direncanakan sejak lama. Sebab, rencana awal peresmian akan bersamaan dengan peresmian Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo.

"Kami punya perkiraan kalau peresmian itu hari Sabtu akhir bulan. Tetapi karena ada laga Persib dan Persis, maka Pak Wali mengusulkan sekalian diresmikan," ucap Basuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya