Yakin Ini Jadi Era Terbaik Timnas?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tengah memberi arahan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA – Timnas Indonesia era Shin Tae-yong akhirnya tampil. Persita Tangerang menjadi lawan uji coba tim Garuda setelah selama kurang lebih satu minggu melakukan pemusatan latihan, Jumat 21 Februari 2020. Tapi hasil yang didapat justru antiklimaks, mereka bertekuk lutut dari tim dengan julukan Pangeran Cisadane. Sialnya dengan skor telak 1-4. 

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Laga yang digelar tertutup ini berlangsung timpang, Persita menguasai jalannya laga dan gelontoran empat gol masing-masing dicetak oleh Rachmat Irianto, Samsul Arif, Eldar Hasanovic, dan Aldi Al Achya. Sedangkan gol semata wayang Timnas Indonesia dicetak oleh Rizky Pora.

Hasil itu tentu diluar dugaan, selain lawan yang notabene adalah tim baru di kompetisi Liga 1. Timnas juga dilatih oleh nakhoda sekaliber dunia, Shin Tae-yong. Pelatih yang punya pengalaman mendampingi tim Korea Selatan di Piala Dunia 2018. 

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Hasil ini membuat sang pelatih kecewa berat dengan hasil dan penampilan para pemainnya. Dia mengatakan para pemain terlihat kelelahan. Padahal, menurutnya dengan label 'Pemain Timnas' para pemain harus bisa melawan rasa letih.

Skuat Persita Tangerang di Liga 2 2019/2020

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

"Jujur saya merasa kecewa dengan skor pertandingan ini. Sebenarnya ini proses. Sayang sekali laga berakhir seperti ini, kami mau lihat kemampuan masing-masing pemain," kata Tae-yong selepas laga.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan, pada TC selanjutnya dia akan memberikan latihan teknik dan strategi. Sebab, Indonesia akan kembali berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia melawan Thailand pada 26 Maret mendatang.

Ia juga berharap kekalahan ini menjadi pelajaran bagi para pemain agar bisa tampil lebih baik di laga-laga uji coba lainnya.

"Ke depan akan ada latihan teknik. Kami juga perlu mengadakan laga seperti ini karena mau lihat kemampuan pemain. Kami juga harus cek ulang untuk pemain yang sudah dipilih," ucapnya.

Sebelumnya, sejak dikumpulkan untuk pemusatan latiham timnas Indonesia memang digembleng fisik. Mereka belum sekalipun merasakan racikan taktik dari Shin Tae-yong. Jadi menarik untuk perubahan skuat Garuda setelah nantinya memasuki program taktik. 

PSSI Maklum

Harus negatif harus ditelan tim nasional Indonesia dalam laga ujicoba kotra Persita Tangerang, Jumat malam WIB 21 Februari 2020. Skuat besutan pelatih Shin Tae-yong itu dipaksa takluk 1-4 dari Pendekar Cisadane di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Satu gol timnas dicetak hasil tendangan bebas Rizky Pora, sedangkan empat gol Pendekar Cisadane tercipta karena gol bunuh diri Rachmat Irianto, Samsul Arif, Eldar Hasanovic dan Aldi Al Achya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pun mengomentari hasil negatif skuat garuda tersebut. “Ujicoba ini tidak untuk mencari hasil menang atau kalah, tapi lebih kepada peningkatan fisik dan bagaimana pemain bisa mencerna pola permainan yang diinginkan Shin Tae-yong,” ungkap Iriawan dalam situs resmi PSSI.

“Para pemain mengakui porsi latihan di era Shin Tae-yong memang lebih berat secara fisik, tapi manfaatnya juga terasa sekali. Pada dasarnya mereka bisa menerima dan beradaptasi,” ujar pria yang disapa Iwan Bule itu.

Iriawan mengingatkan, uji coba kali ini tak diperkuat para pemain timnas seleksi tahap pertama secara utuh. Sembilan pemain asal Bali United dan PSM Makassar telah dipulangkan lebih awal, untuk bersiap memperkuat klubnya dalam kompetisi antar klub yakni Piala AFC.

“Tentu saja saya belum puas dengan hasil ini, tapi yang penting apa yang diinginkan Shin Tae-yong sudah mulai bisa dimengerti pemain,” kata Iriawan.

Usai dikembalikan kepada klub masing-masing menjelang bergulirnya Liga 1, pertengahan Maret mendatang para pemain timnas kembali dikumpulkan untuk dua pertandingan Pra Piala Dunia 2022 melawan Thailand dan Uni Emirat Arab.

“Saya minta kepada Shin Tae-yong untuk memaksimalkan benar masa pemusatan latihan ini. Mudah-mudahan kita mendapat hasil yang maksimal pada pertandingan sebenarnya,” jelas mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya