Liga 1 2020 Bergulir Lagi 1 Oktober, Simak 7 Aturan Barunya

Salam siku dalam duel Bhayangkara FC vs Persija.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

VIVA – Masa depan Liga 1 2020 akhirnya menemui titik terang. Kompetisi kasta teratas sepakbola Indonesia itu resmi kembali bergulir pada 1 Oktober 2020.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Kepastian tersebut tertuang dalam surat PT LIB bernomor 244/LIB-COR/VII/2020, tertanggal 10 Juli 2020. LIB juga sudah mengirimkan surat tersebut kepada seluruh klub Liga 1 musim ini.

Dalam surat yang ditandatangani direktur utama PT LIB Akhmad Lukita tersebut, nantinya jadwal pertandingan akan mengikuti situasi perkembangan pandemi COVID-19. 

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Dalam surat tersebut juga diputuskan tujuh aturan terbaru. Hal ini diputuskan mengingat situasi dan kondisi Indonesia yang belum aman sepenuhnya dari COVID-19.

Laga Liga 1 2020, Persebaya Surabaya takluk dari Persipura Jayapura

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Pertama, PT LIB menyatakan akan kembali menggulirkan kompetisi pada 1 Oktober 2020 dan jadwal akan disesuaikan dengan situasi perkembangan pandemi COVID-19. Kedua, seluruh pertandingan akan digelar tanpa penonton. Ketiga, format kompetisi tetap sama dan dilanjutkan ke pekan keempat.

Nah, keputusan keempat ini paling menarik. Pasalnya, LIB memastikan seluruh pertandingan Liga 1 digelar di Pulau Jawa. Sementara klub yang berasal dari luar Pulau Jawa, akan bermarkas di Yogyakarta dan sekitarnya.

Kelima, akan ada kegiatan pra-kompetisi berupa Workshop Medical dan Match Organization serta Manager Meeting Liga 1 2020. Keenam, LIB meminta klub asal  pulau Jawa untuk segera mengajukan home base-nya masing-masing.

"LIB menyampaikan permintaan konfirmasi penggunaan homebase/stadion yang akan digunakan oleh masing-masing klub dalam pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Adapun kepada seluruh klub mohon untuk dapat menyampaikan kembali kepada LIB selambat-lambatnya pada tanggal 15 Juli 2020 melalui email LIB." demikian pernyataan LIB.

Selebrasi pemain Persib usai mencetak gol

Keputusan yang ketujuh adalah LIB akan memanggil meeting seluruh manajer klub peserta Shopee Liga 1 2020 yang akan dilaksanakan pada 17 Juli mendatang.

Berikut 7 Keputusan PT LIB soal kelanjutan Liga 1 2020:

1.Bahwa pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dimulai pada tanggal 1 Oktober 2020 28 Februari 2021 dengan tine "Extraodinary Competition; dengan catatan bahwa jadwal tersebut akan mengikuti situasi perkembangan pandemic COVID-19

2.Seluruh pertandingan dilaksanakan tanpa penonton;

3.Bahwa sistem kompetisi sifatnya melanjutkan mulai dari match week 4 dengan format kompetisi double round robin;

4.Seluruh pertandingan akan dilaksanakan di Pulau Jawa sehingga klub dari luar Pulau Jawa akan ber-homebase di Jawa khususnya di DI Yogyakarta dan sekitarnya

5.Bahwa LIB selanjutnya akan melaksanakan agenda persiapan pre-competition, diantaranya ialah:

a. Workshop Medical dan Match Organization
b. Manager Meeting Klub Liga 1 2020

*Seluruh waktu dan tempat acara akan diinformasikan lebih lanjut

6.LIB menyampaikan permintaan konfirmasi penggunaan home base/stadion yang akan digunakan oleh masing-masing klub dalam pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Adapun kepada seluruh klub mohon untuk dapat menyampaikan kembali kepada LIB selambat-lambatnya pada tanggal 15 Juli 2020 melalui email LIB.

7.LIB akan melakukan meeting dengan seluruh manajer Klub peserta Shopee Liga 1 2020 yang rencananya akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Jumat/ 17 Juli 2020
Pukul: 14.00 WIB-Selesai
Tempat: Virtual Meeting

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya