Ternyata, Ini Alasan Persija Pilih Berkandang di Stadion Sultan Agung

Gelandang Persija Jakarta, Evan Dimas rayakan gol.
Sumber :
  • Media Persija

VIVA – Menatap bergulirnya kembali Liga 1 2020 mulai Oktober mendatang, Persija Jakarta pun berbenah dan melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah menentukan stadion yang menjadi kandang selama kompetisi dilanjutkan.

Shin Tae-yong Lakukan Panggilan Darurat, Pemain Persib dan Persija Langsung Diterbangkan ke Vietnam

PSSI telah memutuskan untuk melanjutkan kembali kompetisi yang sempat tertunda akibat pandemi virus corona COVID-19. Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020.

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator mempersiapkan sejumlah opsi lantaran liga berlanjut di tengah pandemi corona. Seiring hal tersebut, dalam surat edaran bernomor 244/LIB-COR/VII/2020 yang diberikan kepada klub peserta pada 10 Juli lalu, LIB meminta klub mengajukan rencana home base.

Terungkap, Rahasia Marko Simic Ganas Lagi di Persija

Ternyata, stadion yang dipilih oleh Macan Kemayoran adalah Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta. Bantul dipilih setelah mempertimbangkan sejumlah aspek, termasuk kelengkapan fasilitas latihan.

Stadion Sultan Agung juga bukan stadion baru buat Persija. Di musim-musim sebelumnya, mereka beberapa kali menjalani laga di sana sehingga dibilang sebagai kandang kedua setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Terpopuler: Pengakuan Viktor Axelsen, Persija dan PSM Tampil di ACC 2024/25

“Menggelar pertandingan di Jakarta dengan kondisi COVID-19 yang masih belum stabil menjadi beban yang sangat berat, apalagi kompetisi luar biasa terbilang sangat singkat, hanya berdurasi kurang dari 6 bulan, dengan menyisakan 32 match,” ujar Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus, dikutip situs resmi Macan Kemayoran.

"Kami memilih stadion Sultan Agung Bantul sebagai kandang kami. Dengan berbagai fasilitas pendukung dan semangat para pemain, kami tetap yakin dapat mengarungi kompetisi luar biasa dengan hasil positif,” tambahnya.

Soal tempat latihan, Ferry mengaku masih mengkaji lokasi yang tepat. Namun, rencananya dimulai sejak Agustus mendatang.

"Kami masih berkoordinasi dengan jajaran pelatih termasuk kebutuhan teknis seperti pemusatan latihan dan pertandingan uji coba. Kami juga masih mendiskusikan langsung berlatih di Yogyakarta atau di Jakarta dahulu," kata Ferry.

Baca juga: Bek Persija Marco Motta Terkejut Lihat Sikap Cium Tangan di Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya