Piala AFF 2020 Terancam Ditunda, PSSI Masih Bungkam

Laga Timnas Indonesia kontra Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2020.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Piala AFF 2020 terancam ditunda karena pandemi virus Corona COVID-19 di Asia Tenggara belum mereda. Pada Senin kemarin, 27 Juli 2020, Konfederasi Sepakbola ASEAN (AFF) menggelar rapat darurat virtual.
 
Dalam rapat tersebut, muncul wacana Piala AFF 2020 ditunda ke tahun 2021. Namun, keputusan belum diambil lantaran banyak juga agenda olahraga yang digeser ke tahun yang sama. Seperti Olimpiade, Piala Eropa, Piala Dunia U-20, dan  beberapa event besar sepakbola lainnya.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Kondisi di Asa Tenggara hingga saat ini memang belum aman dari COVID-19. Di Indonesia saja, jumlah orang terkonfirmasi positif COVID-19 sudah mencapai 100 ribu lebih.

Alasan Pelatih Timnas Australia Mau Ikut Piala AFF

Kemudian Vietnam kembali disibukkan dengan kasus baru COVID-19. Pemerintah Vietnam sedang mengatasi kemunculan kasus baru COVID-19 di Kota Da Nang.

Situasi ini sangat riskan untuk menggelar Piala AFF apalagi gelaran kali ini direncanakan menggunakan format baru, kandang tandang. 

Shin Tae-yong Tolak Gagasan Timnas Australia Main di Piala AFF

"Meskipun demikian, dengan tekad untuk mempertahankan dan kesuksesan penyelenggaraan turnamen paling bergengsi di kawasan ASEAN, kami akan terus meneliti dan berdiskusi untuk menemukan solusi yang paling optimal", kata Wakil Ketua VFF, Tuan Tran Quoc dalam laman federasi Vietnam (VFF). 

Saat federasi sepakbola Vietnam terang-terangan mengungkap adanya potensi Piala AFF 2020 ditunda, PSSI justru terkesan tertutup. Tidak ada penjelasan mengenai rapat seperti yang terpampang di situs VFF.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan bersama Brigjen Pol, Hendro Pandowo

Pun,  PSSI menolak berkomentar saat ditemui pewarta dalam penandatangan Perjanjian Kerja Sama (MoU) antara Kemenpora RI dan PSSI.

VIVA juga sudah mencoba mengkonfirmasi hal ini kepada Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi melalui pesan singkat dan telepon. Namun, hingga saat ini tidak ada jawaban.

Baca Juga:

Timnas U-19 Dapat Rp50,6 Miliar, Ketum PSSI Tersenyum Manis
PSSI Diguyur Rp50,6 Miliar untuk Pelatnas Piala Dunia U-20
Nekat Bener, Deontay Wilder Kembali Pecundangi Mike Tyson

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya