Surabaya Bangun 3 Lapangan Baru di Dekat GBT untuk Piala Dunia U-20

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto (15-01-18)

VIVA – Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, pihaknya tengah membangun 3 lapangan latihan baru untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021. Ketiga lapangan latihan itu ditargetkan selesai pembangunannya pada November 2020.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

"Tiga lapangan latihan itu sekarang prosesnya sudah pengerukan tinggal fisik. Target bulan November selesai. Namun, karena COVID-19 kami berhenti dan keuangan kami arahkan ke sana sehingga agak tertunda," ujar Risma, dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Kamis 6 Agustus 2020.

Lokasi ketiga lapangan latihan itu berada di utara Stadion Gelora Bung Tomo. Nantinya, kata Risma, lapangan latihan itu tidak hanya digunakan untuk Piala Dunia U-20, tapi juga disewakan kepada sekolah sepakbola (SSB) yang ada di Surabaya.

Timnas Indonesia U-19 Sekarang Lebih Bagus Ketimbang Era Elkan Baggott

Jika merujuk standar FIFA, di masing-masing stadion utama yang akan menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 harus memiliki lima lapangan latihan pendukung. Lapangan latihan pun wajib didukung oleh banyak fasilitas penunjang lainnya.

Di masing-masing lapangan latihan harus mengikuti standar rumput yang berbeda, lampu dengan kekuatan 1200 lux, ruang ganti pemain, tribun, serta pagar penutup yang mengelilingi stadion.

Timnas U-19 Terbang ke Korsel, Marselino Ferdinan Tergantung Persebaya

Risma mengatakan, bahwa dua dari lapangan latihan sudah mereka bangun. Kedua lapangan tersebut dibangun di komplek Gelora 10 November dan target selesai pada September mendatang.

"Yang dua lagi adalah lapangan Gelora 10 November dan sekarang hampir. Standar rumputnya berbeda, lampu latihan 1200 lux lagi kami pasang juga. Insya Allah, September selesai," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengakui, awalnya pemilihan tempat latihan di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo akan melibatkan daerah lain. Namun, rencana itu batal karena Surabaya sedang menjalankan proyek jangka panjang.

“Untuk lapangan latihan, kami sebelumnya ada rencana untuk memilih tempat di luar kota Surabaya. Tapi, tadi diputuskan semua di Surabaya dan satu lagi di Bangkalan,” kata Zainudin

Baca Juga:

Piala Dunia U-20, Risma Temui Menpora Jelang Kunjungan FIFA

Piala Dunia U-20, Pemerintah Inspeksi Stadion Kapten I Wayan Dipta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya