Ketika Riedl Bikin Timnas Indonesia Kesetanan

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Hansamu Yama ke gawang Timnas Thailand di final leg pertama Piala AFF 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Meninggalnya pelatih asal Austria, Alfred Riedl menjadi duka bagi sepakbola Indonesia. Seperti diberitakan sebelumnya, Riedl meninggal dunia karena kanker pada Selasa, 8 September 2020. 

Timnas U23 Dicurangi Wasit, Fitri Carlina Sangat Kecewa dan Ungkapkan Kekesalannya

Riedl bukan nama yang asing di dunia sepakbola Indonesia. Pelatih asal Austria itu pernah menukangi Timnas Indonesia di tiga periode berbeda., 2010-2011, 2013-2014, dan 2016-2017. 

Selama menukangi Timnas Indonesia, Alfred Riedl pernah mencatatkan prestasi terbaik saat berhasil membawa Merah Putih sebagai runner up di Piala AFF 2010 dan 2016.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Banyak momen menarik saat Riedl masih melatih Timnas Indonesia. Salah satunya ketika perkataan Riedl membuat Timnas Indonesia tampil kesetanan dan berhasil comeback dari ketertinggalan.

Momen itu terjadi saat Indonesia meraih kemenangan manis atas Thailand di final leg 1 Piala AFF, Rabu 14 Desember 2016 silam. Sempat tertinggal, Indonesia akhirnya menang dengan skor 2-1.

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Permainan Pasukan Garuda di babak pertama, dianggap pelatih Indonesia, Alfred Riedl, sangat buruk. Mereka tak mampu menguasai bola dan terus ditekan oleh Thailand dan akhirnya tertinggal 0-1.

Baca: Alfred Riedl Meninggal, Ini 3 Anak Kesayangannya di Timnas Indonesia

Di ruang ganti saat jeda babak pertama, Riedl sempat menyemprot pemainnya. "Saya bilang ke mereka, 'Tingkatkan kerja keras karena Thailand berada di atas kita'," katanya kala itu. 

"Tapi, kita bisa mengimbangi mereka. Kuncinya adalah kerja keras dan tak kenal lelah'. Pemain juga saya minta untuk menutup ruang dan celah Thailand. Sebab, terlalu banyak lubang yang tercipta," lanjutnya.

Di paruh kedua, performa Indonesia meningkat. Boaz Solossa dan kawan-kawan mampu merepotkan Thailand. Hingga akhirnya, Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata mencetak gol yang membuat Indonesia bangkit dan menang 2-1.

Sayang, performa apik Indonesia gagal berlanjut di leg kedua. Indonesia kalah 0-2 dari Thailand di leg kedua final Piala AFF yang digelar di Rajamangala Stadium pada 17 Desember 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya