Sekjen PSSI: Sekarang FIFA Langsung Koordinasi dengan INAFOC

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri)
Sumber :
  • Dok. PSSI

VIVA – Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menegaskan, mulai sekarang segala urusan berkoordinasi dengan FIFA terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesi ada pada INAFOC.

Apa Saja yang Dipantau FIFA di Stadion Manahan Solo?

Dia mengatakan hal itu ketika dikonfirmasi mengenai penentuan lokasi stadion tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Merujuk Keputusan Presiden dan Instruksi Presiden, diketahui ada enam stadion yang dipilih.

Baca juga: Inpres Keluar, Yogyakarta dan Bogor Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sedangkan di awal, penentuan lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 2021 harusnya menunggu keputusan FIFA. Hingga sekarang, belum ada kunjungan perwakilan mereka yang datang ke Indonesia untuk melakukan inspeksi.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Jakabaring, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta yang dipilih. Sedangkan Stadion Mandala Krida dan Stadion Pakansari ditepikan.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Dua stadion yang ditepikan itu sebenarnya masuk dalam proposal PSSI kepada FIFA ketika mengajukan diri sebagai tuan rumah. Namun, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menggantinya.

"Tentang Piala Dunia sudah menjadi ranah INAFOC," kata Yunus saat dihubungi VIVA melalui pesan singkat, Sabtu 19 September 2020.

Perihal PSSI selaku anggota FIFA yang seharusnya menjalin komunikasi, Yunus mengatakan peran itu bisa diambil oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Kebetulan dia juga menjadi Wakil Ketua INAFOC mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

"Pak Iwan Budianto selaku wakil Ketua INAFOC dan staf-nya yang akan koordinasi dengan FIFA," tutur Yunus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya