Nathan Bocah Indonesia yang Pernah Cicipi Latihan di Akademi Tottenham

Nathan Fariel Kusama
Sumber :

VIVA – Pemain sepakbola berbakat di Indonesia sangat banyak. Bahkan beberapa diantaranya pernah mengenyam pendidikan di akademi sepakbola terkenal di dunia. 

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Salah satunya adalah Nathan Fariel Kusuma. Bocah berusia 14 tahun ini pernah berkesempatan untuk berlatih bersama klub elite di Premier League, Tottenham Hotspur. 

Dikutip dari laman Tottenham, cerita Nathan berawal pada 2017 lalu, di mana ia merupakan salah satu dari 12 pemain terbaik di AIA Junior Cup di Jakarta. Nathan ditemukan oleh Global Football Coaching Tottenham. 

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Ia pun kemudian berkesempatan untuk mengikuti kamp latihan di Pelatihan Elite AIA-Tottenham Hotspur pertama yang diadakan di Thailand. Tottenham pun terkesan dengan sikap Nathan, mereka pun tetap saling menjaga komunikasi dan mengundangnya untuk berlatih di dua kamp elite berikutnya. 

Tahun 2019, Nathan mendapatkan pengalaman yang tidak akan pernah ia lupakan. Ia pergi ke Inggris dan menyaksikan laga Tottenham vs Everton pada musim 2018/2019. 

Shin Tae-yong Lakukan Panggilan Darurat, Pemain Persib dan Persija Langsung Diterbangkan ke Vietnam

Ia bahkan bisa bertemu dengan bintang Tottenham, Son Heung-min. Selama di Inggris, Nathan juga berlatih di salah satu pusat pengembangan pemain.  

Stadion baru Tottenham Hotspur, New White Hart Lane

Baca juga: Permalukan Ronaldo Korea, Mourinho Dihujat Netizen

September 2020, Nathan resmi bergabung dengan klub kebanggaan ibukota, Persija Jakarta. Nathan tergabung di Persija U-16. 

Sebelumnya di bulan Mei, Nathan dipilih oleh pelatih pengembangan sepakbola global, Tottenham Hotspur untuk berpartisipasi dalam sesi teknis online. Nathan membuat video yang mendemonstrasikan berbagai teknik yang ditonton secara online oleh sekitar 100.000 pemain dan pelatih.  

"Nathan telah menunjukkan ketrampilan teknis yang sangat baik, tetapi yang paling mengesankan kami adalah keinginan untuk belajar dan berkembang. Kami percaya sikap dan mentalitasnya sejalan dengan kemampuannya. Dan Nathan memiliki semua itu," kata Anton Blackwood, manajer senior pengambangan sepakbola internasional, Tottenham Hotspur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya