Pratama Arhan, Spesialis Lemparan ke Dalam Milik Timnas Indonesia U-19

Bek Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Bek kiri Timnas Indonesia U-19, Pratama Arhan mencuri perhatian saat turun dalam laga uji coba melawan Qatar, Minggu malam WIB 20 September 2020 di Stadium Velica Gorica, Zagreb, Kroasia. Dia menyumbangkan satu assist.

Curhat Azizah Salsha Lebaran Tanpa Pratama Arhan di Korsel

Assist tersebut bermula dari lemparan ke dalam yang dia lakukan. Memang sudah jadi spesialisasinya, melakukan lemparan dengan jarak yang sangat jauh.

Baca juga: Hadiah untuk Qatar yang Bikin Timnas Indonesia U-19 Gigit Jari

Ivar Jenner dan Rafael Struick Gabung Indonesia U-23, Pratama Arhan Nyusul

Bola kemudian diteruskan dengan sundulan oleh Saddam Gaffar. Kiper Qatar tidak bisa berbuat banyak untuk menghalaunya.

Arhan mengaku keahliannya dalam melakukan lemparan ke dalam jarak jauh tidak terus dilatih selama menjalan pemusatan latihan di Kroasia bersama Timnas Indonesia U-19. Tapi memang dia selalu berinisiatif melakukan itu ketika ada kesempatan.

Timnas Indonesia Tanpa Pratama Arhan dan Ivar Jenner

"Tidak ada latihan selama di sini. Cuma karena saya saja (inisiatif) langsung lempar jauh," ujar pemain asal klub PSIS Semarang itu, dikutip dari PSSI TV.

Dalam beberapa kali uji coba Timnas Indonesia U-19, Arhan memang selalu memilih melakukannya. Lemparan langsung ke dalam kotak penalti membuat Garuda Muda punya peluang untuk membobol gawang lawan.

Akhirnya skema itu membuahkan hasil positif ke gawang Qatar. Sayangnya, keunggulan tersebut buyar seketika karena pada menit 90, Timnas Indonesia U-19 mendapatkan hukuman penalti.

Skor imbang 1-1 menjadi hasil akhir pertandingan tersebut. Arhan memang menyayangkannya, tapi menurut dia semua pemain yang ada di atas lapangan telah memberikan yang terbaik.

"Alhamdulillah diberi hasil yang baik, walau di menit akhir kena penalti. Tapi tidak apa-apa, permainan sudah meningkat dan teman-teman bekerja keras. Disiplin posisi dan kesalahan-kesalahan akan diperbaiki lagi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya