PSSI Yakin Sikapnya Sudah Benar soal Naturalisasi Kevin Diks

Pemain keturunan Indonesia, Kevin Diks
Sumber :
  • instagram.com/kevindiks2

VIVA – PSSI bersikeras telah bersikap benar dalam menanggapi desakan menaturalisasi Kevin Diks Bakarbessy. Meski alasan PSSI tidak bisa melakukan itu karena terbentur aturan FIFA telah dibantah.

Sukses Bikin MU Nangis di Liga Champions, Kevin Diks Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan apa yang pihaknya lakukan sudah berdasar rujukan aturan FIFA. Kebetulan Kevin Diks pernah memperkuat Timnas Belanda U-19 dan U-21 beberapa tahun lalu.

Baca juga: Ngotot Naturalisasi Kevin Diks, Kasus Ezra Walian Bakal Terulang

Story Kevin Diks Bikin Heboh, Kode Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

"Jelas dalam aturan FIFA, pemain di Timnas suatu negara dan sudah tampil dalam FIFA match, tidak bisa memperkuat negara lain," ujar Yunus saat dihubungi VIVA, Kamis 24 September 2020.

Terkait dengan aturan FIFA terbaru soal naturalisasi pemain pada 18 September 2020, diakuinya juga belum bisa diterapkan. Yunus bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kebetulan hadir secara virtual.

Terpopuler: Pemain Keturunan Indonesia di 16 Besar UCL, Gregoria Mariska Akui Kekurangan

"Ada yang mengatakan sudah ada perubahan statuta FIFA. Kongres virtual kemarin saya hadir bersama Ketum. Kalau ada perubahan, akan ada korespodensi antara federasi dan FIFA melalui surat. Dan sampai sekarang belum ada," imbuhnya.

Mengutip perubahan aturan naturalisasi pemain dari laman resmi FIFA, disebutkan sang pemain masih bisa berganti membela Timnas yang berbeda asalkan pada penampilan terakhirnya belum berusia 21 tahun. Pertandingan tersebut sudah harus berlalu tiga tahun.

Ada lagi catatan yang mensyaratkan sang pemain tampilnya tidak lebih dari tiga pertandingan. Faktor ini pula yang bisa jadi biang kegagalan Kevin Diks dinaturalisasi.

Dikutip dari Soccerway, pemain asal klub Fiorentina itu tercatat bermain sebanyak dua laga kualifikasi Piala Eropa U-21 pada 2018. Lalu dua kali penampilan pula di kualifikasi Piala Eropa U-19 2015.

Yang kemudian disayangkan Yunus adalah isu ini jadi lebar dan seolah PSSI menolak naturalisasi. Selain karena aturan yang menghalangi, mereka kini sedang fokus mencari pemain keturunan untuk Piala Dunia U-20.

Usia Kevin Diks sudah 23 tahun. Tentu saja itu tidak masuk dalam kategori PSSI yang ingin memantapkan Timnas Indonesia U-19, sebelum jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Yunus membeberkan jika PSSI sudah berkomunikasi langsung dengan Kevin Diks. Ada klarifikasi terkait ucapannya di beberapa media massa yang salah diartikan.

"Kevin Diks bicara langsung ke staf PSSI, saya juga dengar. Dia bilang, statement-nya tidak bermaksud seperti itu," tutur Yunus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya