Tiga Ribu Sekolah Bersaing ke Madrid

Kapten Tim Peserta Danone Nations Cup
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

VIVAnews - Kualifikasi kompetisi sepakbola anak usia 10-12 tahun, Danone Nation Cup tahun 2011 mulai digelar. Kualifikasi ini untuk memperebutkan satu tiket untuk mewakili Indonesia di babak final Piala Dunia Anak, Danone Nations Cup 2011 yang akan diselenggarakan di Madrid, Spanyol pada awal Oktober 2011.

"Kami membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi anak-anak yang tergabung di sekolah sepakbola untuk mewujudkan mimpinya menjadi bagian dari festival Piala Dunia Anak, Danone Nation Cup 2011," ujar Presiden Direktur Danone Bernard  Ducros, Rabu, 13 April 2011, di Jakarta.

Di kesempatan yang sama, Deputi Pemberdayaan Olahraga, Kemenpora James Tangkudung, mengungkapkan pemerintah Indonesia mengapresiasi kompetisi sepakbola anak ini sebagai wadah pembinaan bibit berbakat.

Untuk tahun ini, kualifikasi kompetisi Danone Nation Cup 2011 akan diikuti sekitar tiga ribu sekolah sepakbola Indonesia dengan 45 ribu pemain usia dini. Kualifikasi dilaksanakan di 13 kota di Indonesia. Yaitu, Banda Aceh, Medan, Padang, Tangerang, Bandung, Semarang, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Makasar, Banjarmasin, Jayapura dan Pekan Baru

Babak kualifikasi akan dimulai pada 16 April hingga 12 Juni yang dilanjutkan ke tahap babak final yang dilangsungkan di Jakarta pada 16-17 Juli 2011. Puncaknya, pemenang babak final nasional tersebut akan mewakili Indonesia di Danone Nation Cup 2011 di Madrid, Spanyol. Mereka nantinya akan bersaing dengan anak-anak dari 40 negara.

Sejak berpartisipasi di ajang Danone Nation Cup pad tahun 2003, berbagai prestasi diraih oleh tim Indonesia. Di antaranya, pada tahun 2005, tim Indonesia dianugerahi gelar The Best Attack Team berkat mencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Danone Nation Cup, yaitu 24 gol.

Pada tahun 2006, tim Indonesia lolos ke babak semi final dalam putaran final DNC. Tim Indonesia juga kala itu dianugerahi The Best Defense Team karena hanya kebobolan satu gol.

Mantan pemain timnas Indonesia era 90-an, Ricky Yakobi menilai dengan pelaksanaan kompetisi ini dapat menjadi ajang pembinaan bakat muda sepakbola Indonesia. "Pembinaan usia muda sangat penting sebagai regenerasi pesepakbola handal dari para pemain senior saat ini" ujar Ricky. (eh)

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung

Susunan Pemain Indonesia Vs Hong Kong di Uber Cup 2024

 Indonesia vs Hong Kong akan menjadi sajian di Uber Cup 2024. Bertanding di Chengdu, China pada Sabtu siang WIB 27 April 2024, berikut susunan pemain untuk pertandingan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024