Apa yang Mengganjal Klub Indonesia Dapat Lisensi AFC?

Ilustrasi tim Persipura Jayapura.
Sumber :
  • Indonesiansc.com

VIVA.co.id – AFC kembali menggelar verifikasi terhadap klub-klub di Indonesia. Verifikasi digelar agar klub-klub di Indonesia mendapatkan lisensi resmi dari mereka.

PSDS Digasak PSPS, Pelatih Zefrizal: Belum Kiamat, Ada 3 Pertandingan Lagi

Sejauh ini, cuma ada tiga klub di Indonesia yang sudah memegang lisensi dari AFC. Mereka adalah Arema FC, Persib Bandung, dan Persipura Jayapura.

Artinya, masih banyak klub peserta Liga 1 yang belum mengantongi lisensi AFC. Memang tak mudah mendapatkannya.

Stefano Lilipaly Perpanjang Kontrak di Borneo FC

Banyak aspek yang harus dipenuhi klub jika ingin mendapatkan lisensi tersebut. Setidaknya, ada 49 poin yang harus dipenuhi. Dan itu terbagi dalam tiga tingkatan, grade A, B, dan C.

Head of Club Licensing AFC Mahajan Vasudevan Nair menyatakan, masih ada beberapa hal yang bisa mengganjal klub-klub Indonesia untuk mendapatkan lisensi dari mereka. Jika ingin mendapatkannya, tentu klub-klub di Indonesia harus meningkatkan kualitas dari beberapa aspek tertentu.

Persib Mulai Panaskan Mesin

"Masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan oleh klub-klub Indonesia. Saya di sini menyoroti kelayakan stadion, administrasi dan sarana latihan," kata Mahajan, saat ditemui di kantor PSSI, Jakarta, Sabtu, 4 Maret 2017.

"Masalah audit keuangan dan legal, juga sangat penting. Jangan lupakan lisensi para pelatih. Lebih baik jika para pelatih punya lisensi AFC Pro, walau pun lisensi A AFC sudah cukup," lanjutnya.

Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024