Sama dengan Essien, 4 Pemain Asing PSM Masih 'Bodong'

Pemain PSM Makassar, Willem Jan Pluim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA.co.id – Terungkapnya kasus kepemilikan Kartu Izin Tinggal Terbatas yang membelit dua pemain mahal Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, ternyata menjadi efek domino. Setelah dua pemain tersebut, terungkap masih banyak legiun asing di pentas sepakbola Indonesia yang belum mengantongi KITAS.

Hasil Liga 1: Drama 6 Gol Persita Tangerang vs Persib Bandung, PSS Sleman Bantai Arema FC

PSM Makassar contohnya. Empat pemain asing yang dimiliki PSM saat ini, Willem Jan Pluim, Reinaldo Elias da Costa, Steven Paulle dan Marc Anthony Klok, ternyata belum memiliki KITAS.

"Semua pemain asing kami, sementara sedang diurus KITAS-nya," kata media officer PSM, Andi Widya Syadzwina, kepada VIVA.co.id, Selasa 18 April 2017.

Nick Kuipers Anggap Persita Jadi Ancaman Persib Bandung Amankan 4 Besar

Wina memprediksi, kemungkinan KITAS empat pemain asing yang dimiliki PSM baru rampung dua pekan ke depan. Kasus Pluim mungkin yang paling menarik perhatian.

Pada 2016 lalu, Pluim sempat bermain untuk PSM di ajang Indonesia Soccer Championship. Bagaimana status KITAS Pluim saat itu, apakah saat itu dia mengantongi KITAS hanya dalam waktu yang singkat? Mengingat, masa berlaku KITAS maksimal adalah dua tahun.

Persib Bandung Waspadai Ambisi Persita yang Ingin Keluar dari Degradasi

Selain KITAS, tiga pemain asing PSM juga belum mengantongi sertifikat transfer internasional (ITC). Dokumen ini sangat diperlukan untuk mendaftarkan pemain. Dan batas pendaftaran pemain maksimal adalah 30 April 2017.

"Steven sudah punya ITC. Pluim, Reinaldo, dan Klok masih proses. Mudah-mudahan pekan ini bisa rampung," terang Wina. (one)

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak

Kemenangan di Depan Mata Buyar, Pelatih Persib Bandung Soroti Pertahanan

Persib Bandung dan Persita Tangerang berbagi poin di pekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin 15 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024