Komdis PSSI Sanksi Manahati 3 Laga dan Denda Rp10 Juta

Gelandang PS TNI, Manahati Lestusen (kanan), di laga kontra PSM Makassar.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id - Komisi Disiplin PSSI telah mengadakan sidang yang keempat kalinya, Kamis 18 Mei 2015. Hasil sidang ada 12 keputusan, dan salah satu hasilnya adalah hukuman yang diberikan kepada pemain PS TNI, Manahati Lestusen.

Ada Mantan Timnas Indonesia, Ini 5 Pemain Sepakbola Berstatus Anggota TNI

Manahati mencekik pemain PSM Makassar, Marc Anthony Klok. Aksi tersebut dilakukan Manahati saat PS TNI menjamu PSM di Stadion Pakansari, Cibinong, Senin 15 Mei 2017.

Di pertengahan laga, Manahati mendapat ganjalan keras dari Zulkifli Syukur. Klok melihat Manahati jatuh dan memaksanya bangun.

Tekuk RANS Nusantara FC, Persikabo 1973 Akhiri 11 Laga Tanpa Kemenangan

Reaksi pemain 23 tahun tersebut begitu mengejutkan, tangannya melesat ke arah leher Klok. Seketika, Klok terkapar. Sebelumnya, Manahati juga pernah menantang wasit.

Sidang Komdis yang dipimpin langsung oleh Ketua Komdis, Asep Edwin, lalu ada Wakil Ketua Umar Husin, dan para anggota yakni Yusuf Bachtiar, Dwi Irianto, Eko Hendro Prasetyo. Akhirnya, memutuskan hukuman kepada Manahati.

Manahati Lestusen Cedera dan Langsung Dilarikan ke Rumah Sakit

Seperti dilansir PSSI, putusan sementara terhadap Manahati adalah sanksi 3 kali larangan bermain pada kompetisi Liga 1 tahun 2017. Dia juga mendapat denda Rp10 Juta karena mencekik Klok.

Berikut 11 Keputusan Sidang Komdis PSSI Lainnya:

1. Putusan Sementara terhadap pemain Mojokerto Putra Sdr.Indra Setiawan dikenakan sanksi 3 kali larangan bermain pada kompetisi Liga 2 tahun 2017 dan denda Rp10 jutA karena dengan sengaja mengangkat kaki terlalu tinggi hingga mengenai pemain Persik Kediri, Febly Gushendra.

2. Pemain Persipura Jayapura Boaz Salossa dikenakan sanksi berupa larangan bermain di liga 1 sebanyak 2 (dua) kali karena melakukan protes berlebihan terdapat Asisten Wasit 2.

3. Pemain Perseru Serui Moch. Zawnuri dikenakan sanksi berupa larangan bermain di liga 1 sebanyak 5 (lima) kali dan denda Rp10 Juta karena menyikut pemain PSM Makassar Reinaldo Ellias Da Costa.

4. Pelatih PBFC Dragan Djukanovic dikenakan sanksi berupa larangan mendapingi tim sebanyak 2 (dua) kali dan denda Rp.10 juta karena keluar dari area teknik dan melakukan protes berlebihan terhadap wasit.

5. Panitia Pelaksana Pertandingan Persela Lamongan dikenakan sanksi denda Rp10 Juta karena penonton menyalakan flare.

6. Panitia Pelaksana Pertandingan PS.Bangka dikenakan sanksi denda Rp10 Juta karena penonton PS. Bangka melakukan pelemparan botol ke bench 757 Kepri.

7. Panitia Pelaksana Pertandingan Mojokerto Putra dikenakan sanksi denda Rp10 Juta karena penonton melakukan pelemparan botol ke bench Kalteng Putra.

8. Panitia Pelaksana Pertandingan Persipur Purwodadi dikenakan sanksi denda Rp15 Juta karena penonton masuk hingga sentel ban dan melakukan pelemparan kea rah bench pemain Persis Solo.

9. Tim Persis Solo dikenakan sanksi denda Rp10 Juta karena supporter Persis Solo masuk ke dalam lapangan untuk melakukan selebrasi gol.

10. Panitia Pelaksana Pertandingan Persibas Banyuwangi dikenakan sanksi denda Rp10 Juta karena penonton yang tidak teridentifikasi menyalakan flare.

11. Panitia Pelaksana Pertandingan Persebaya Surabaya dikenakan sanksi denda Rp15 Juta karena supporter menyalakan flare.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya