Pergantian Pelatih di Liga 1, Efektif atau Terkesan Grogi?

Widodo Cahyono Putro mundur dari kursi pelatih Bali United.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Liga 1 2017 belum separuh jalan, sudah sederet pelatih jadi sasaran atas melesetnya target. Ada yang efektif, ada juga pergantian pelatih lebih terkesan grogi saat mencari solusi. Tiga klub kontestan Liga 1 2017 terdepan dalam urusan ini.
 
PS TNI jadi pionir di antara Persiba Balikpapan dan Bali United. Pencopotan Laurent Hatton dari kursi pelatih kepala The Army terbilang kontroversial. Sebab, rapornya tak jeblok. Ia menghasilkan lima poin dari tiga lawa awal. Tak terkalahkan, PS TNI juga sukses menahan tim sekaliber Persib Bandung.
 
Entah kenapa, kontrak Hatton diputus menjelang PS TNI memainkan laga keempat. Ivan Kolev yang sudah paham seluk beluk sepakbola Indonesia dihadirkan sebagai pembesut anyar Manahati Lestusen dkk. Kolev disanjung habis saat membawa The Army menang 2-1 atas PSM Makassar.
 
Kolev menjadikan PS TNI penakluk pertama Juku Eja, harapan besar pun membumbung. Apalagi, PS TNI mulai mengusik pergulatan di papan atas klasemen Liga 1 2017. Sayang, setelah itu mereka goyah. Sejak terbantai 1-4 di markas Madura United, mereka dua kali tumbang dan sekali menang.
 
Rapor Kolev tak lebih baik dari Hatton. Menelan tiga kekalahan dari tujuh laga bersama Kolev, PS TNI kini menghuni urutan 10 klasemen. Total, mereka mengumpulkan 15 poin dari 10 laga. Terpaut lima angka dari PSM di puncak, The Army melorot drastis dari posisi sebelumnya.
 
Tengok pula Persiba Balikpapan. Timo Scheunemann dikondisikan mundur setelah tiga kekalahan beruntun, Persiba panggil Milomir Seslija. Tak ada gebrakan. Tujuh laga dikawal Seslija, Persiba lima kali kalah,  sekali seri, sekali menang. Bersama mantan pelatih Arema FC itu, Persiba tetap rawan dan riskan di dasar klasemen.  
 
Berbeda dengan Widodo Cahyono Putro. Menggantikan Hans Peter Schaller, ia membuat Bali United melaju kencang. Jalur elite ditembus skuat polesan Widodo sebelum dipecundangi Bhayangkara FC 1-3 pada laga ke-10 di kandang.       
      
Rapor Persiba Balikpapan & Pergantian Pelatih
Timo Scheunemann vs Milomir Seslija

Laga: 3 vs 7
Menang: 0 vs 1
Imbang: 0 vs 1
Tumbang: 3 vs 5
Gol memasukkan:1 vs 6
Gol kemasukan: 5 vs 12
Total laga: 10
Posisi: 18
Poin: 4
 
Rapor Bali United & Pergantian Pelatih
Hans Peter Schaller vs Widodo Cahyono Putro

Laga: 2 vs 5
Menang: 0 vs 3
Imbang: 0 vs 1
Tumbang: 2 vs 1
Gol memasukkan: 1 vs 8
Gol kemasukan: 4 vs 4
Total laga: 10 (3 laga bersama caretaker Eko Purjianto)
Posisi: 5
Poin: 16
 
Rapor PS TNI & Pergantian Pelatih
Laurent Hatton vs Ivan Kolev

Laga: 3 vs 7
Menang: 1 vs 3
Imbang: 2 vs 1
Tumbang: 0 vs 3
Gol memasukkan: 6 vs 11
Gol kemasukan: 5 vs 15
Total laga: 10
Posisi: 10
Poin: 15

Hasil Liga 1: Dengan 10 Pemain Bali United Kalahkan Persija
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Liga 1 Ditunda demi Klub dan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Bali United Menyayangkan

Pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra menyebutkan bila akan memberikan waktu libur untuk anak asuhnya jelang hari raya Idul Fitri tahun ini karena Liga 1 ditunda

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024