Bonek Boleh Datang, Persebaya Yakin Menang

Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, saat berada di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah

VIVA.co.id – Meski kerap bikin masalah, kehadiran Bonek tetap dibutuhkan Persebaya Surabaya. Ada Bonek, Bajul Ijo lebih garang. Senang tuan rumah Madiun Putra buka pintu buat Bonek, Misbakhus Solikin cs siap menang.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Seperti klub-klub lain dengan kelompok suporternya, Persebaya sulit dipisahkan dari Bonek. Teriakan dan ragam atraksi Bonek di tribun penonton adalah pemompa energi dan adrenalin para pemain Bajul Ijo di lapangan. Tapi, aksi di luar batas oknum Bonek bisa juga jadi bumerang.

Itu terjadi sejak lama, sejak era Perserikatan. Semangat berlebihan Bonek tak jarang berujung anarki. Timbul huru-hara yang menyebabkan kerusakan, bahkan makan korban. Dampaknya menerpa Persebaya. Mereka harus bertarung di tempat netral dan tanpa penonton, apalagi Bonek.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Bersaing memperebutkan tiket 16 besar di Grup 5 Liga 2 2017, Persebaya sudah dua kali terkena imbas kekhawatiran terhadap Bonek. Laga tandang kontra Persinga Ngawi tanpa penonton dan laga tandang kontra PSBI Blitar terpaksa ditunda. Alasannya serupa: menghindari Bonek.

Dijamu Persinga pada pekan ke-6 Grup 5, Sabtu (15/7) di Stadion Ketonggo, Ngawi, Persebaya berbagi poin setelah laga berakhir skor 1-1. Laga berjalan datar karena tanpa gegap gempita suporter. Gereget skuat Bajul Ijo besutan Angel Alfredo Vera, pengganti Iwan Setiawan, tak tercurah maksimal.

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Antisipasi aparat keamanan Blitar dan panpel PSBI lebih ekstrem. Laga pekan ke-3 yang mestinya digelar di kandang PSBI pada 6 Mei 2017 terpaksa ditunda. Laga tandang Persebaya itu juga dialihkan ke Bantul. Bagusnya, di laga usiran itu, Bajul Ijo digdaya. Mereka menang 2-1 atas PSBI.

Dari sisi teknis, semua itu tetap jadi beban bagi Persebaya. Bangkit sejak ditangani Vera, mereka tentu tak ingin terganggu lagi dengan ulah Bonek. Dengan 12 poin dari tujuh laga, mereka kini menempati urutan 2 klasemen. Mereka membuntuti Martapura FC di puncak dengan jarak 1 angka.

Dengan Persatu Tuban dan PSIM Yogyakarta yang juga sudah melahap tujuh laga, Persebaya unggul 1 angka. Artinya, Persebaya sebagai klub papan atas di belantara sepakbola nasional yang dijagokan lolos ke 16 besar belum dalam posisi aman. Vera dan skuadnya harus tetap waspada.

Di tengah problem Bonek, Persebaya tetap butuh mereka. Sebab, gereget Misbakhus Solikin cs tak
optimal jika tribun penonton stadion tempat mereka berlaga tak diisi Bonek. Maka, Vera dan seluruh
jajaran klub berharap Bonek menahan diri. Semangat mereka harus terkendali.

Laga pekan ke-7, Rabu 20 Juli 2017, jadi ukuran. Vera bersama skuatnya senang ketika mendengar aparat keamanan Madiun dan panpel Madiun Putra membolehkan Bonek hadir. Ada Bonek, duel di Stadion Wilis, Madiun, bakal seru dan Bajul Ijo lebih terpacu memburu kemenangan.

Vera, bahkan meyakini Persebaya pulang dari Madiun bawa 3 poin. Selain disemangati Bonek, rapor
Bajul Ijo di laga tandang juga terbilang oke. Mereka hanya sekali tumbang dari empat kali tandang. Vera pun pantang membuang peluang menyodok Martapura FC di puncak klasemen.

Prakiraan Starting XI:

Madiun Putra (4-4- 2): M Ricky Fajar - Ambitie Dolus Cahyana, Ichlas Dwi Safaat, Ari Ardianto,
Slamet Harmoko; Asmar Abu, Mahardika Fajar, Ridwan Nur Kholis; Alfrizal, Purniawan, Nanang
Wahyudi
Pelatih: Sartono Anwar

Persebaya Surabaya (4-2- 3-1): Dimas Galih - Andri Muladi, Moch Irvan Febriantio, M Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Kurniawan Karman, Misbakhus Solikin, Muhammad Hidayat, Rendi Irwan, Oktafianus Fernando, Rishadi Fauzi
Pelatih: Angel Alfredo Vera

Rapor Kandang Madiun Putra
Main: 4
Menang: 2
Imbang: 1
Tumbang: 1
Gol memasukkan: 7
Gol kemasukan: 9
Skor kemenangan terbesar: 3-2
Skor kekalahan terbesar: 2-4
15-07- 2017: Madiun Putra 2-4 Martapura FC
Pencetak gol: Purniawan (80, 85) - Reza Saputra (6), Qischil Gandri Minny (21), Zulfikar Ali Mustaqim (71) dan Ady Setiawan (76)
08-07- 2017: Madiun Putra 1-1 Persinga Ngawi
12-05- 2017: Madiun Putra 3-2 PSIM Yogyakarta
Pencetak gol: Asmar Abu (35), Felix Ferdinand (55), Ahmad Fauzi (87) - Hendika Arga Permana (69), Rahman Purwanto (90+3)
29-04- 2017: Madiun Putra 1-0 PSBI Blitar
Pencetak gol: Purniawan (65)

Rapor Tandang Persebaya Surabaya
Main: 4
Menang: 1
Imbang: 2
Tumbang: 1
Gol memasukkan: 5
Gol kemasukan: 5
Skor kemenangan terbesar: 2-1
Skor kekalahan terbesar: 1-2
15-07- 2017: Persinga Ngawi 1-1 Persebaya
Pencetak gol: Slamet Hariyadi (70) - Misbakhus Solikin (9)
11-07- 2017: PSBI Blitar 1-2 Persebaya
Pencetak gol: Luxy Ariawan (39) - Muhammad Hidayat (36), Misbakus Solikin (71)
18-05- 2017: PSIM Yogyakarta 1-1 Persebaya
Pencetak gol: Engkus Kuswaha (53) - Rishadi Fauzi (27)
30-04- 2017: Martapura FC 2-1 Persebaya
Pencetak gol: Aidil Bogel (78, 89) - Misbakus Solihin (61)
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya