Ironi Persiba, di Ambang Degradasi dan Terancam Kena Sanksi

Para pemain Persiba Bantul
Sumber :
  • https://www.instagram.com/persibabantulofficial/

VIVA.co.id – Dua kali jadi tuan rumah Grup 4 Liga 2 2017, Persiba Bantul direcoki supporter. Kecewa Persiba ditahan PPSM Magelang tanpa gol, suporter merangsek ke lapangan dan denda telah menanti mereka di tengah ancaman degradasi.

Liga 1 Berakhir, Ini Daftar Tim yang Degradasi-Promosi dan Lolos ke Championship Series

Persiba bukanlah pendatang baru di kancah sepakbola nasional. Bahkan, dalam perjalanannya, mereka pernah berjaya. Mereka adalah juara Divisi Utama 2011 dan telah bersaing di kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air juga sempat mereka jabani. Ironisnya, mereka kini gontai dan bermasalah. 

Tergabung di Grup 4 Liga 2 2017, Persiba terbenam di tengah pergulatan kencang kontestan lain. Sama sekali tak pernah bisa menang di delapan laga, mereka terdampar di dasar klasemen. Mereka hanya mengantongi 3 poin dari hasil tiga kali main imbang. Di lima laga lainnya, mereka keok.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Kian rumit situasi Persiba lantaran terus dirongrong suporternya. Mereka geram dengan kinerja dan rapor buruk para pemain, manajemen pun mulai kena getahnya. Pelatih kepala, Purwanto dipecat sementara beban berpindah ke pundak Sambudiana selaku caretaker.

Dua laga kandang beruntun melengkapi derita Persiba dan Sambudiana. Sudah tak kunjung menang, problem berlipat akibat ulah suporter tak terkendali. Kekecewaan dilampiaskan ke tengah lapangan. Itu terjadi saat Persiba tertahan di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Sabtu 8 Juli 2017, Persiba dipaksa Persipon Pontianak mengakhiri laga dengan skor 2-2. Seketika itu juga suporter merongrong. Kejadian serupa terulang Senin 24 Juli 2017, kala Persiba menjamu PPSM. Tak ada gol tercipta hingga pengujung laga, suporter merangsek ke tengah lapangan.      

Kali ini, suporter Persiba juga memburu wasit Ridwan Pahala asal Bandung dan menilai wasit tak becus dengan beberapa keputusannya merugikan Persiba. Sambudiana puyeng. Dengan 4 poin dari sembilan laga, Persiba berdiri di tepi jurang degradasi sambil menanti denda akibat ulah suporter.

Statistik Laga
Persiba Bantul 0-0 PPSM Magelang
Waktu: Senin 24 Juli 2017
Tempat: Stadion Sultan Agung, Bantul

Susunan pemain:
Persiba Bantul (4-2-3-1): Puthut Jati Purnomo – Susastra Nova Pradana, Slamet Widodo, David Armando, Panji Susanto, Reja Putra, Wahudi, Johan Manaji, Ryan Wahyu, Erdin Pratama, Awaludin Saputra
Pelatih: Sambudiana (caretaker)

PPSM Magelang (4-3-3): Muhammad Ihsan Ramadhani – Amirul Syafaat, Catur Erik Sandy, Patrick Dumal, Dias Settyo, Roni Ardian Saputra, Wildan Maulana, Nunung Dwi Cahyo, Reza Aji Yudantoro, Sambung Prakoso, Taryono
Pelatih: Siswanto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya