Deklarasi Damai Bobotoh-Jakmania Jadi Motor Islah Suporter

Perwakilan suporter dan PSSI diundang bertemu di Kemenpora
Sumber :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah

VIVA.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menilai, rencana deklarasi damai antara Bobotoh Persib Bandung dengan The Jakmania Persija Jakarta menjadi promotor kebangkitan semangat suporter di tanah air.

Ditekuk Persib, Kapten Persija Jakarta Minta Maaf ke Jakmania

"Tentu kalian akan menjadi promotor, akan menjadi yang terdepan mengembalikan semangat suporter Tanah Air untuk islah," ujar Imam saat di Universitas Padjajaran Bandung Jawa Barat, Selasa, 1 Agustus 2017.

Pihaknya berharap, dalam deklarasi damai tersebut, menghasilkan kesepakatan yang mengikat tidak hanya bagi kedua suporter, melainkan seluruh unsur penyelenggara dan pemerintah.

Panpel Arema FC Larang Jakmania Datang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta

"Yang penting ada inisiasi dan kesepakatan bersama dan harus mengikat bagi operator, klub, suporter, aparat hukum dan termasuk Kemenpora nantinya," terangnya.

Menurut Imam, kesepakatan tersebut harus menjadi acuan jika dalam penyelenggaraan sepak bola di Indonesia mengalami kekisruhan.

Tak Hanya Bobotoh dan Jakmania, Aremania dan Bonek Juga Ramaikan Kampanye Anies Baswedan di JIS

"Kesepakatan itu lah yang kami pegang, seandainya ke depan ada lagi bentrok, bully, ujaran-ujaran kebencian, kita akan merujuk pada kesepakatan itu," terangnya.

Deklarasi damai bobotoh Persib Bandung dengan The Jak Persija Jakarta mendapat respons positif. Bahkan, tinggal selangkah lagi perdamaian antar kedua klub yang memiliki historis rivalitas berlarut-larut ini, dikukuhkan.

Pentolan suporter Persib Bandung, Heru Joko menjelaskan, suporter di tiap daerah mendukung rencana tersebut setelah jatuh korban almarhum bobotoh Ricko Andrean akibat pengeroyokan.

"90 persen semuanya setuju, semuanya support. Yang pasti ini anginnya bagus. (tindak lanjutnya) ya kita pertemuan," ungkap Heru seusai bertakziah ke rumah almarhum bobotoh Ricko di Cicadas Kota Bandung Jawa Barat.

Untuk deklarasi damai, lanjut Heru, belum ada keputusan final untuk lokasi pelaksanaan, pemetaan lokasi antara Jakarta dan Bandung masih dipertimbangkan. "Lagi dipikirkan, pengurus The Jak yang ke sini, atau kita yang ke sana. Kemarin bilang (hasil rapat) tempat di Monas (Jakarta) netral (aman), di sini di Alun - Alun juga aman," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya