Cara Wasit Asing Atasi Kendala Bahasa Saat Memimpin Laga

Pemain Persegres Gresik melakukan protes terhadap wasit
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Sejumlah wasit asing yang diundang PSSI untuk memimpin pertandingan Liga 1 menyatakan sudah siap bertugas. Kehadiran mereka diharapkan bisa membantu peningkatan kualitas pertandingan dan kompetisi secara keseluruhan.
 
Salah satu wasit tengah, Shaun Robert Evans mengatakan federasi Australia mengirimkan dirinya sebagai bagian dari komitmen sesama federasi dalam membina hubungan baik dan meningkatkan kualitas sepakbola di kawasan Asia. Wasit langganan A-League ini akan berupaya menampilkan standar terbaik dalam memimpin pertandingan seperti yang tertera di Laws of the Game.
 
“Saya datang kesini untuk membantu dan memantapkan standar tertinggi seperti yang kami lakukan di A-League di sepakbola Indonesia, kami pasti akan melakukan yang terbaik dan menjadi contoh yang baik bagi liga teratas di Indonesia. Dan kami siap untuk memimpin di akhir pekan ini,” kata Shaun dikutip dari situs resmi PSSI.
 
Selain Shaun sebagai wasit tengah, federasi Australia mengirimkan Wilson Kenneth Brown dan George Lakrindis yang akan menjadi hakim garis. Selain dari Australia, Kyrgystan juga mengirimkan Rysbek Shekerbekov sebagai wasit tengah, bersama Artem Skopintsev dan Eldiiar Salybaev sebagai hakim garis. 

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Keseluruh wasit ini merupakan periode pertama dari 3 periode kedatangan wasit asing ke Gojek Traveloka Liga 1 pada musim ini.
 
“Pertama kali kami sangat gembira mendapatkan kesempatan dalam penugasan ini, di Indonesia. Kami sudah mencari informasi sebelumnya tentang sepakbola Indonesia dari beberapa berita dan video pertandingan liga terbaru. Dan kami sadar bagaimana tensi dan tekanan yang diberikan kepada wasit sedikit berbeda dari A-League, tapi kami akan selalu konsentrasi dan bekerja keras dalam memutuskan sesuatu di pertandingan,” tambah Shaun.
 
“Kami akan perlihatkan teknik yang sedikit berbeda dalam tiap pertandingan, yang terpenting adalah menenangkan situasi, dan memastikan sepakbola tetap menarik bagi kedua tim dan penonton. Sembari tetap menjaga kualitas dan kesan pertandingan yang baik. Semoga kami bertiga dan rekan (dari Kyrgystan) selalu dapat melakukan keputusan yang benar dalam pertandingan, dan semoga semua berjalan lancar.” jelas Shaun.
 
Sebelumnya keenam wasit asing ini sudah mengetahui sedikit tentang persepakbolaan di Indonesia. Khusus mengenai kendala bahasa, Shaun Evans memiliki caranya tersendiri untuk menyampaikan kesan dalam setiap pertandingan yang dipimpinnya.
 
“Kami akan melakukan pendekatan berupa sikap tubuh dan isyarat tangan yang tegas , kami akan gunakan sikap yang mudah dipahami semua pemain sepakbola di seluruh dunia. Intinya gunakan banyak bahasa tubuh untuk mengekspresikan sikap sebagai pengadil. Kami juga belajar beberapa dasar di bahasa Indonesia seperti ya atau tidak.”
 
“Kami sangat termotivasi datang kesini, seperti halnya wasit di seluruh dunia mungkin kami tidak akan bisa sempurna 100 % benar memutuskan , tapi kami akan lakukan benar-benar yang terbaik yang kami bisa. Dan semoga bisa jadi panutan yang baik bagi kawan-kawan wasit yang ada disini, dan berbagi ilmu yang berbeda berdasarkan pengalaman kami. Dan kami sangat senang mendengarkan masukan dan saran tentang sepakbola Indonesia,” tutup Shaun.
 
 
Berikut data singkat para wasit asing tersebut.
 
1. Shaun Robert Evans (Wasit)
FIFA Referee sejak 2016
A-League Referee sejak 2012
Wasit Final Chinese FA Cup
Wasit West Sydney vs Arsenal
 
2. George Lakrindis (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2015
A-League Assistant Referee sejak 2010
Pertandingan Internasional Pertama : Bosnia vs Denmark (Kirin Cup)
 
3. Wilson Brown (Asisten Wasit)
A-League Assistant sejak 2015
Semi Final FFA Cup Assistant Referee 
 
4. Shekerbekov Rysbek (Wasit)
FIFA Referee  sejak 2012 
Kyrgystan TOP league  sejak 2010
Wasit pertandingan international sejak 2014
 
5. Skopintsev Artem (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2009
Kyrgystan TOP league  sejak 2003
AFC Cup Assistant Referee sejak 2012
 
6. Salybaev Eldiiar (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2015
Kyrgystan TOP league  sejak 2010 
Assistant Referee pertandingan international sejak 2017


Liga 1 musim 2017 akan mulai memasuki paruh kedua musim di akhir pekan ini. Ada 5 pertandingan seru yang tak boleh dilewatkan. Saksikan statistik, preview, dan prediksinya hanya di Jelang Laga.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022