Ikrar Damai Suporter Sepakbola

Suporter
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA.co.id – Sejumlah suporter dari berbagai klub di Indonesia berkumpul di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis 3 Agustus 2017. Pada kesempatan tersebut, suporter mengucapkan ikrar.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Sekertaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto mengatakan, kegiatan ini merupakan janji dari Kemenpora kepada semua suporter sepakbola Indonesia. Namun acara ini terselenggara atas inisiasi oleh suporter sendiri.

"Kami melihat ada antusias yang tinggi, karenanya Kemenpora hanya ingin memenuhi janji yang telah lama ingin kami penuhi. Pertemuan justru diinisiasi para suporter," ujar Gatot, di Kantor Kemenpora.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Gatot menjelaskan, Kemenpora siap memberikan akomodasi kepada suporter yang telah datang mengikuti acara tersebut. Mereka yang berasal dari pulau Jawa akan difasilitasi dengan bus.  Sedangkan luar Pulau Jawa itu ditanggung tiket pesawat.

"Kami berharap setelah ini sepakbola Indonesia bisa bersatu. Tidak ada lagi korban di putaran kedua," ungkapnya.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Edy Rahmayadi menilai, pertemuan ini merupakan harapan baru menuju sepakbola damai. 

"Tugas kita bersama memajukan sepakbola Indonesia. Ini mementum agar putaran kedua lebih baik lagi," kata Edy.

Di penghunjung acara, para suporter menuliskan komitmen di kain putih. Mereka juga diminta membacakan ikrar suporter untuk kebaikan sepakbola Indonesia.

"Kami sebagai bagian dari suporter klub sepakbola Indonesia sepakat untuk tetap menunjukkan loyalitas pada klub masing-masing dan menghormati pertandingan dengan tidak menunjukkan sikap permusuhan pada kelompok suporter yang lain dan masyarakat pada umumnya," kata para suporter ketika membacakan isi ikrar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya