Ingin Jadi WNI, Winger Persib Tunggu Keputusan Pemerintah

Winger Persib Bandung, Shohei Matsunaga
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id –  Legiun asing Persib Bandung, Shohei Matsunaga selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keputusannya untuk pindah kewarganegaraan diutarakan sudah sejak lama. 

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Winger asal Jepang ini sudah menyerahkan persyaratan kepindahannya itu kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 

"Mungkin seminggu lalu saya sudah tes kesehatan dan memberikan surat-surat ke Jakarta. Saya tidak tahu berapa lama dikabulkannya, tapi surat-surat sudah saya berikan," kata Matsunaga, Sabtu 7 Oktober 2017.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Seperti diketahui, salah satu persyaratan untuk menjadi WNI yakni sudah menatap selama lima tahun di Indonesia. Matsunaga tinggal di Indonesia sejak 2011 lalu. 

Klub pertama yang dia bela adalah Persib Bandung. Selama di Persib dia hanya merumput selama setengah musim setelah kemudian membela Persiba Balikpapan musim 2012.

Respons Pelatih Persib Usai Championship Series Liga 1 Dipastikan Pakai VAR

Setahun di Balikpapan, jebolan Schalke 04 ini hengkang ke Persegres Gresik United hingga 2015. Selanjutnya, kembali lagi ke Persib musim 2016 sampai sekarang. 

Matsunaga mengatakan bahwa alasannya dia pindah kewarganegaraan karena sudah nyaman tinggal di Indonesia. Dia pun senang dengan budaya dan karakter orang Indonesia. 

"Pengajuan hanya saya, anak saya dan istri belum. Saya tulis alasan kemarin karena anak juga lahir di sini. Keluarga di Jepang juga tak ada masalah, saya ingin jadi warga Indonesia," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya