Lisensi Klub AFC, Cuma Persib dan Arema FC yang Lolos

Pertandingan Persib vs Arema di musim lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Proses verifikasi lisensi klub profesional dengan standar AFC sudah dilakukan di Indonesia. Namun, cuma dua tim, dari 18 klub yang ada bisa memenuhi persyaratan.

Dihajar Persib Bandung, Persebaya Surabaya Siap Bangkit Demi Hindari Degradasi

Kedua klub tersebut adalah Persib Bandung dan Arema FC. Sedangkan tiga tim lain, yakni Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta masih ditunggu kelengkapannya selama tiga bulan ke depan.
 
Lisensi klub AFC merupakan syarat utama bagi mereka yang ingin berkompetisi di Liga Champions Asia atau Piala AFC musim depan. Lima aspek yang mesti dipenuhi adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).
 
“Komite lisensi klub PSSI sudah menyelesaikan verifikasi. Kepada klub-klub lain yang belum dinyatakan lolos dalam proses ini kami berikan waktu untuk mengajukan banding dalam waktu dua hari ke depan," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

"Kami berharap, klub bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan, sehingga mereka bisa mendapatkan lisensi dan berpeluang berpartisipasi di kompetisi level Asia,” imbuhnya.
 
Untuk klub yang dinyatakan belum lolos verifikasi oleh Komite Lisensi PSSI, dipersilakan untuk mengajukan banding. Dan keputusan final akan didapat pada 31 Oktober 2017 mendatang.
 
Indonesia untuk musim depan mendapat jatah satu wakil di Liga Champions Asia, dan memulainya dari babak playoff. Sedangkan dua wakil lagi akan bermain di Piala AFC.

Pengakuan Mengejutkan David Da Silva Usai Hattrick ke Gawang Mantan

Sebelum Liga 1 dimulai, disepakati jatah untuk wakil Indonesia di sana diambil dari peringkat satu sampai tiga klasemen akhir. Namun, jika ada yang tidak lolos lisensi AFC, maka urutan yang di bawahnya akan jadi pengganti.
 
“Untuk pendaftaran kita masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kita akan daftarkan klub sebelum deadline itu,” kata Tisha.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar

Persib Bandung Bertekad Sapu Bersih 2 Laga Sisa

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar, berharap anak asuhnya bisa menyapu bersih dua pertandingan sisa di regular series Liga 1 2023/2024.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024