PSSI Beberkan Alasan Bantu Naturalisasi Ilija Spasojevic

Pemain Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya buka suara terkait upaya mereka membantu naturalisasi striker Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic. Mereka menegaskan cuma menjadi pihak yang memberi rekomendasi.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan proses naturalisasi Spaso tak perlu diperdebatkan. Karena pemain berusia 30 tahun tersebut sudah menetap selama lima tahun di Indonesia.

(Baca juga: Ambisi Eks Bomber Persib Usai Resmi Jadi WNI)

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

"Ini yang pertama yang harus dipahami bahwa setiap orang yang telah memenuhi syarat tertentu boleh mengajukan proses naturalisasi," kata Tisha.

"Di area PSSI, kami hanya memberikan rekomendasi, dalam artian ini adalah benar pemain yang bermain di Indonesia, berprofesi sebagai pesepakbola dalam jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan proses naturalisasi," jelasnya.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

Spaso ingin beralih kewarganegaraan dikarenakan keluarganya. PSSI melihat hal itu sebagai alasan utama untuk membantunya.

Eks pemain Persib Bandung itu memiliki istri orang Indonesia. Dan kedua anaknya memilih untuk menjadi warga negara Indonesia.

(Baca juga: Kenapa Naturalisasi Spaso Berlangsung Kilat?)

"Keluarga juga menjadi pertimbangan kami untuk memberikan rekomendasi kepada Spaso karena dengan itu dia sudah termasuk separuh Indonesia," ujar Tisha.

Dia juga menegaskan, PSSI akan membantu siapa pun yang ingin mengajukan legalisasi. Asalkan, mereka adalah bagian dari sepakbola Indonesia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya