Fakta Mengejutkan Gaji Wasit Asing Liga 1

COO PT Liga Indonesia, Tigor Shalomboboy dan Exco PSSI, Yunus Nusi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yudhi Maulana

VIVA – Sepakbola Indonesia terus berbenah, salah satunya adalah penggunaan wasit asing untuk menciptakan pertandingan yang berkualitas di Liga 1. Namun, rupanya ada fakta yang mengejutkan.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Gaji wasit asing yang bertugas di Liga 1 lebih kecil dibandingkan gaji wasit lokal. Hal ini dikonfirmasi oleh Chief Operating Officer (COO) PT Liga Indonesia baru, Tigor Shalomboboy.

"Saya tidak bisa sebutkan nominalnya, namun perlu diketahui jika gaji wasit asing lebih kecil dibandingkan wasit lokal," kata Tigor, saat hadir dalam diskusi PSSI Pers, Senin 30 Oktober 2017.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Diakui Tigor, gaji wasit Indonesia menjadi yang termahal di benua Asia Tenggara. "Bahkan gaji untuk wasit Indonesia adalah yang terbesar di Asia," ujarnya menambahkan.

Kebijakan penggunaan wasit asing di Liga 1 diambil ketika memasuki putaran kedua. Ketika itu alasan utama adalah meningkatkan kualitas kompetisi, mengingat banyaknya protes atas kepemimpinan wasit lokal.

Berharap Putus Tren Negatif, Persija Malah Tampil Pincang Vs Persikabo

Akan tetapi, kebijakan tersebut tidak berjalan mulus. Karena ada dua wasit asing, yakni Rysberk Shekerbekov dan Ahsan Karimi yang mendapatkan intimidasi. (mus)

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Persib Bandung bakal bersua Madura United dalam lanjutan Liga 1 malam hari ini. Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengungkapkan hal ini.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2022