Format 2 Wilayah di Liga 1 2018 Dimunculkan

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pratama Yudha

VIVA – Liga 1 2017 telah usai. Bhayangkara FC keluar sebagai juara, serta ada tiga tim yang terdegradasi, yakni Semen Padang, Persiba Balikpapan, dan Persegres Gresik.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Chief Executive Officer (CEO) PT Kabau Sirah Semen Padang, Iskandar Z. Lubis mencari cara untuk menyelamatkan tim kebanggaan Ranah Minang. Dia mengaku akan mencoba berkomunikasi dengan PSSI untuk mengubah format Liga 1 musim depan menjadi dua wilayah.

Dengan begitu, peserta kompetisi akan menjadi 24 tim, seperti pada Liga Super Indonesia (ISL) musim 2014 lalu. Tak perlu lagi ada tim yang terdegradasi, serta akan datang enam tim promosi dari Liga 2.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Menanggapi wacana tersebut, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono langsung memberi penegasan. Menurutnya, format Liga 1 musim depan belum akan diubah.

"Peraturan adalah peraturan. Klasemen akhir kompetisi sudah selesai dan itu yang jadi referensi," kata Joko, saat ditemui wartawan, kemarin.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Andai pun perubahan format menjadi bahasan, menurut Joko cuma bisa dilaksanakan pada Kongres Tahunan PSSI yang digelar pada Januari 2018 mendatang. Tetapi, dia berharap tak ada aksi berlebihan untuk hal itu.

"Kecuali Kongres nanti ada menerima usulan. Mudah-mudahan tidak akan ada spekulasi yang berlebihan," tutur pria yang akrab disapa Jokdri tersebut.

Liga 1 sudah berakhir pada pekan kemarin. VIVA pun menangkap serunya pertandingan terakhir musim 2017 antara sang juara, Bhayangkara FC, melawan Persija Jakarta. Lihat selengkapnya di Matchday Vlog VIVAbola.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya