Minimalisir Kecurangan, Piala Presiden Bikin Terobosan Baru

Ilustrasi wasit di ajang Liga 1
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dalam suatu pertandingan, wasit merupakan salah satu perangkat yang tak boleh terlupakan. Penunjukan wasit yang tepat bisa sangat berpengaruh dengan jalannya pertandingan.

Turnamen Esports Diharapkan Beri Kontribusi untuk Perkembangan SDM

Maka itu, dalam gelaran Piala Presiden 2018, Organizing Committee (OC) mengadakan sebuah terobosan baru dalam hal pengumuman wasit yang bertugas. Jika biasanya nama wasit yang bertugas akan diberitahu saat Match Coordination Meeting (MCM), beda halnya di gelaran Piala Presiden tahun ini.

"Wasit adalah hal utama yang sangat kami perhatikan. Terobosan yang kami lakukan adalah, wasit nanti akan dipublikasikan dua jam sebelum kick-off. Dalam MCM tidak ada yang tahu siapa wasit yang memimpin," ujar anggota OC Piala Presiden, Risha Adi Wijaya, kepada wartawan, Jumat 12 Januari 2018.

Menteri BUMN Erick Thohir Dianggap Layak Pimpin PSSI, Ini Alasannya

Hal ini dilakukan demi meminimalisir adanya tindak pelanggaran berupa match fixing dan intimidasi terhadap wasit yang bertugas. Pihak OC ingin agar seluruh tim yang bermain di turnamen pramusim ini bertindak fairplay.

"Ini adalah salah satu usaha yang akan kami coba, sehingga hal-hal seperti pengaturan skor dan yang berhubungan dengan wasit akan semakin berkurang," jelasnya.

Curhat Victor Igbonefo Harus Adaptasi dengan Topeng di Wajah

Piala Presiden akan dimulai pada 16 Januari 2018 hingga 17 Februari 2018. Laga perdana akan mempertemukan Persib Bandung kontra Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Sementara untuk partai puncak rencananya akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Piala Presiden Esport 2023

Juara Baru Lahir di Piala Presiden Esports 2023

Selama dua hari penyelenggaraan, telah lahir para juara baru di empat gim yang dipertandingkan.

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2023