4 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2018

Coutinho berseragam Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA – Begitu banyak drama yang tersaji di bursa transfer musim dingin 2018 ini. Tak cuma melelahkan, drama transfer pada musim dingin 2018 pun melibatkan uang dalam jumlah besar.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Klub-klub tak ragu membeli pemain dengan banderol mahal di bursa transfer musim dingin 2018. Tak lazim memang, sebab biasanya klub mau mengeluarkan uang besar jika membeli pemain di bursa transfer musim panas.

Opera sabun yang paling panjang adalah saat Barcelona membeli Philippe Coutinho dari Liverpool. Beberapa kali, Barca melempar tawaran ke Liverpool.

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Manajemen The Reds kerap menolaknya. Momentum bagi Barca tercipta saat sang pemain mengancam mogok.

Akhirnya manajemen Liverpool merelakan Coutinho pergi. Barca tak pelit saat membeli Coutinho.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Kubu Azulgrana rela menggelontorkan dana hingga £106 juta atau senilai Rp2,02 triliun demi bisa mendapatkan Coutinho. Dengan banderol ini, Coutinho dinobatkan jadi pemain termahal yang pernah dibeli di bursa transfer musim dingin.

Bukan hanya Coutinho pemain yang dibeli dengan harga selangit pada bursa transfer musim dingin. Masih ada beberapa pemain lain yang harganya mencekik leher klub di bursa transfer musim dingin.

Berikut daftar pemain termahal di bursa transfer musim dingin 2018, seperti dilansir Goal:

1. Philippe Countinho (Liverpool ke Barcelona, £106 juta)

Barca sejak lama sudah menginginkan jasa pemain asal Brasil ini. Namun, Liverpool selalu menahan Coutinho untuk angka koper. 

Hingga akhirnya, pada tanggal 6 Januari 2018, saga transfer Coutinho berakhir. Liverpool menerima tawaran dari Barca dan Coutinho pun setuju berlabuh di Camp Nou.

Gelandang serang Barcelona, Philippe Coutinho

2. Virgil van Dijk (Southampton ke Liverpool, £75 juta)

Bek anyar Liverpool, Virgil Van Dijk

Usai melepas Coutinho ke Barcelona, Liverpool kebanjiran uang. Dana yang mereka dapatkan difokuskan untuk memperbaiki lini belakang.

Akhirnya, The Reds kembali melanjutkan tradisi membeli pemain-pemain dari Southampton. Kali ini, Virgil van Dijk yang jadi targetnya. 

Sempat bersaing dengan Manchester City, Liverpool keluar sebagai pemenang dalam perburuan Van Dijk. Mereka menebus Van Dijk dengan mahar £75 juta (setara Rp1,4 triliun).

3. Aymeric Laporte (Athletic Bilbao ke Manchester City, £57,2 juta)

Bek baru Manchester City, Aymeric Laporte.

Meski secara konsisten memimpin klasemen sementara Premier League, ManCity memutuskan untuk tetap belanja pemain. Tak tanggung-tanggung, ManCity juga menyiapkan uang besar demi bisa mendapatkan pemain incarannya.

Manajer Pep Guardiola berniat memperkuat lini pertahanannya, demi memuluskan ambisi meraih empat gelar sekaligus dalam satu musim. 

Dan, bek muda Prancis, Ayemeric Laporte, jadi pilihan. Laporte pun direkrut pada hari terakhir bursa transfer musim dingin 2018.

4. Pierre-Emerick Aubameyang (Dortmund ke Arsenal, £55 juta)

Pierre-Emerick Aubameyang

Selama bursa transfer musim dingin kali ini, Arsenal selalu menjadi perbincangan. Tidak betahnya Alexis Sanchez dan belum stabilnya performa Alexandre Lacazette membuat The Gunners dituntut memboyong bomber baru. 

Pilihan pun jatuh kepada penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang. Proses untuk mendapatkan tanda tangannya terbilang rumit. Sebab, transfer Aubameyang melibatkan Chelsea pula.

Dortmund enggan melepas pilarnya sebelum mendapat penggantinya. Calon pengganti Aubameyang adalah bomber Chelsea, Michy Batshuayi. The Blues akhirnya mau melepas Batshuayi dan mereka melego Aubameyang ke Arsenal dengan mahar £55 juta atau setara Rp1,05 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya