Jose Mourinho Mulai Frustrasi

Manajer Manchester United, Jose Mourinho.
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates

VIVA – Manchester United tinggal memiliki satu harapan gelar juara, yakni Piala FA. Skuat asuhan Jose Mourinho sudah melangkah hingga ke semifinal, dan akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Akan tetapi, melihat keadaan seperti saat ini, MU bisa saja kembali gagal. Mengingat Setan Merah masih kerap tampil inkonsisten di berbagai ajang.

Sebagai contoh, usai menang 2-1 melawan Liverpool di Premier League, MU justru tersingkir dari Liga Champions beberapa hari berikutnya. Bermain di Old Trafford, mereka kalah 1-2 dari Sevilla.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Kritik mengarah deras kepada Mourinho dan anak asuhnya. Bukan tanpa alasan, karena pria berjuluk The Special One dimodali uang banyak untuk membentuk tim musim ini.

"Mourinho bukan manajer yang seperti harapan kami. Kami cemas. Mungkin kami tidak akan memenangi liga dalam tiga atau empat tahun," kata salah satu petinggi senior MU, seperti dikutip Daily Mail.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Bukan saja Mourinho tak mampu membuat anak asuhnya konsisten bermain apik. Para petinggi MU melihat ada keburukannya yang amat mengganggu.

Mourinho kerap terlibat dalam hal tidak penting di luar urusan sepakbola. Contohnya seperti terlibat adu mulut dengan manajer tim lain atau melontarkan kritik pedas kepada wasit.

Selanjutnya...

Damprat Pemain Sendiri

Mourinho selama ini terkenal sebagai manajer yang tak pernah takut disalahkan. Dia selalu melindungi anak asuhnya dari kritik yang dilontarkan publik.

Akan tetapi, di musim ini dia bersikap terbalik. Sejumlah pemain dikabarkan menjadi sasaran kekesalan pria asal Portugal tersebut, dan diancam bakal dijual.

Dikutip dari Express, ada tujuh pemain yang bakal didepak Mourinho dari skuat MU, yakni Juan Mata, Marouane Fellaini, Ander Herrera, Chris Smalling, Phil Jones, Daley Blind dan Matteo Darmian.

Mereka semua dianggap Mourinho tidak memberi kontribusi lebih bagi tim. Tak cuma itu, Luke Shaw yang selama ini digadang-gadang sebagai pemain masa depan MU juga bersitegang dengannya.

Kejadian bermula dari kemarahan Mourinho kepada Shaw di laga melawan Brighton Hove & Albion dalam perempat final Piala FA. Saking kesalnya, dia menarik keluar bek berusia 22 tahun itu di awal babak kedua.

"Saya tak bisa berkata banyak soal Luke. Ini berhubungan dengan kepribadian, kepercayaan, dan cara main berkelas," ujar Mourinho, seperti dikutip dari Soccerway.

"Luke, di babak pertama, setiap kali pemain lawan masuk ke wilayahnya, selalu berhasil melakukan umpan slang dan menciptakan situasi berbahaya. Saya sangat kecewa dengan penampilannya," imbuhnya.

Di tengah tekanan besar dari publik, Mourinho tak mampu menjaga harmonisasi dalam tim. Ketegangan di ruang ganti seperti ini bukan tidak mungkin akan memberi dampak negatif.

Selanjutnya...

Sindiran kepada Manajemen MU

Manajemen MU pun tak luput menjadi sasaran amarah Mourinho. Dia melontarkan sindiran dengan membandingkan apa yang telah diperbuat Manchester City selama ini.

Bagi Mourinho, kedigdayaan ManCity di Premier League musim ini tak lepas dari cara mereka berinvestasi membangun tim. Alhasil skuat asuhan Pep Guardiola seolah tak bisa ditandingi.

Jika mereka menyetop investasi di semua lini, dan kami terus melakukan investasi, saya yakin kami bisa terus bersaing,” ujar Mourinho, dikutip dari Sky Sports.

“Akan tetapi, jika mereka berada dalam situasi yang lebih baik dari kami dan melaniutkan investasi seperti yang kami lakukan atau lebih, maka keadaan akan jadi sulit, sangat sulit,” ujarnya menambahkan.

Ketakutan Mourinho itu wajar adanya. Tekanan besar dari suporter membuat MU harus berusaha ekstra keras menjadi pesaing ManCity.

Andai sindiran Mourinho itu membuat manajemen MU tergerak, sejumlah prediksi sudah keluar. Setidaknya, mereka harus menyiapkan dana sebesar €159 juta (Rp2,7 triliun) untuk mendapatkan Gareth Bale, Danny Rose, Toby Alderweireld, dan Fred.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya