Sejarah Kelam Premier League Buat Manajer Asal Inggris

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memegang trofi Premier League
Sumber :
  • Sky Sports

VIVA – Tak perlu disangsikan bahwa Premier League adalah kompetisi sepakbola terbaik di dunia. Akan tetapi, sebuah fakta terungkap bahwa kompetisi kasta tertinggi di tanah Inggris ini justru tak pernah berpihak kepada manajer lokal.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Sejak berubah format dari First Division ke Premier League di musim 1992/1993, sederet sejarah dan rekor telah lahir. Dari data Premierleague.com, ternyata tak satu pun manajer asal Inggris yang pernah berhasil merengkuh gelar juara di ajang ini.

Pada musim pertama Premier League, Manchester United berhasil keluar sebagai juaranya. Setan Merah selanjutnya menjadi tim yang paling banyak tampil sebagai kampiun, dengan catatan 13 gelar. 

Pemain Pinjaman Barcelona Sebut Pep Guardiola Pembohong: Dia Tak Ingat istri dan Anak Saya Dirampok

Salah satu faktor yang mendukung MU berhasil menjadi penguasa Premier League sudah tentu adanya sosok manajer legendaris, Sir Alex Ferguson. Sayangnya, Ferguson bukanlah manajer berpaspor Inggris. Ya, Fergie (panggilan Ferguson) adalah manajer asal Skotlandia.

Setelah MU, Chelsea jadi tim kedua dengan predikat juara Premier League paling banyak. Terhitung sejak musim pertama Premier League, armada London Barat itu pernah lima kali menjuarainya. Namun, lagi-lagi, dari lima gelar yang diraih The Blues, semuanya dipersembahkan oleh manajer dari luar Inggris.

Haaland Setuju Odegaard Bisa Bikin Man City Makin Hebat, tapi ...

Manajer asal Portugal, Jose Mourinho, pernah tiga kali membawa Chelsea juara. Mourinho mengantar Chelsea juara musim 2004/2005 dan 2005/2006. Setelah itu pada 2009/2010 Chelsea kembali juara di bawah komando Carlo Ancelotti. Yang terakhir, Chelsea menjadi juara saat ditangani manajer Italia lainnya, Antonio Conte.

Setelah Chelsea, Manchester City jadi tim ketiga yang paling banyak meraih gelar juara Premier League.



Dari empat gelar yang diraih The Citizens, tak ada sosok manajer Inggris yang berada di belakang kesuksesannya. Musim 2011/2012, Roberto Mancini (Italia) yang sukses membawa City juara. Setelah itu, ada Manuel Pellegrini (Chile), dan Pep Guardiola (Spanyol).

Nama lain yang juga begitu mahsyur tentunya Arsene Wenger. Ya, manajer berpaspor Prancis ini pernah tiga kali membawa Arsenal juara Premier League, musim 1997/1998, 2001/2002, dan 2004/2005.

Dua nama lain yang memiliki cincin juara Premier League adalah Kenny Dalglish dan Claudio Ranieri. Dalglish yang berasal dari Skotlandia membawa Blackburn Rovers juara musim 1994/1995, sedangkan Ranieri mencetak sejarah saat mengantar Leicester City untuk pertama kalinya juara Premier League pada 2015/2016. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya