Statistik Pembuka Premier League: MU Terbaik, Southampton Terburuk

Para pemain Manchester United merayakan gol Anthony Martial (kiri)
Sumber :
  • Twitter/@ManUtd

VIVA – Laga pembuka Premier League 2018/2019 sudah digelar. Sejumlah klub papan atas sukses meraih kemenangan, kecuali Chelsea yang menelan kekalahan telak dari Manchester United. Catatan statistik tersaji usai laga perdana musim ini. Siapa klub dengan catatan terbaik dan mana yang punya catatan terburuk?

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Juara bertahan Manchester City sukses menghantam West Ham United saat melawat ke Olympic Stadium, London. Pasukan Pep Guardiola menang besar 5-0 atas tuan rumah. Meski demikian, The Sky Blues ternyata bukanlah tim yang punya rasio kemenangan tertinggi di laga pembuka.

Kemenangan telak juga diraih runner-up musim lalu, Liverpool. Armada Merseyside Merah menggasak tim promosi, Norwich City, dengan skor 4-1 di Anfield. Pun dengan Liverpool, anak asuh Juergen Klopp juga bukan tim dengan rasio terbaik saat tampil di pekan perdana.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Selain City dan Liverpool, kemenangan besar juga dipetik oleh MU. Menjamu Chelsea di Old Trafford, Marcus Rashford cs sukses membantai armada London Barat 4-0. Menurut data BBC, ternyata MU dan Chelsea adalah tim dengan rasio kemenangan tertinggi di laga pembuka. 

Bermain dalam 28 laga pembuka, MU mampu mencatat 19 kemenangan, empat hasil imbang, dan menelan lima kekalahan. Dengan hasil tersebut, MU mencatat rasio kemenangan tertinggi di pertandingan pembuka: 67,9 persen.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Meskipun kalah telak dari MU, Chelsea jadi tim dengan rasio kemenangan tertinggi kedua pada laga pembuka. The Blues mencatat rasio 60,7 persen setelah mencatat 17 kemenangan, enam hasil imbang, dan lima kekalahan pada laga perdana.

Di posisi ketiga, ada Liverpool yang memiliki rasio 57,1 persen (16 menang, delapan imbang, emapat kalah). Di bawah Liverpool, ada Arsenal yang mencatat rasio kemenangan 53,6 persen (15 menang, enam seri, tujuh kalah). Sementara itu, City menduduki posisi kelima dengan torehan rasio 52,2 persen (12 menang, enam imbang, dan lima kalah).

Tim dengan catatan rasio kemenangan paling rendah pada laga pembuka adalah Southampton. The Saint yang sudah tampil dalam 21 laga pembuka, hanya mampu meraih dua kemenangan. Sisanya, 10 kali bermain imbang, dan menelan sembilan kekalahan. Catatan itu membuat rasio kemenangan Southampton hanya 9,6 persen. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya