Ketika Mantan Pemain Ungkap Karisma Jose Mourinho Muda

Maniche
Sumber :
  • sf.tv

VIVA – Mantan gelandang Chelsea dan FC Porto, Maniche mengenang masa-masa saat menjadi pemain asuhan Jose Mourinho. Meski hal itu sudah berlalu 20 tahun silam sejak Maniche pertama kali bermain untuk Mourinho di Benfica.

Gasak Tottenham, MU Geser Arsenal di Posisi 4

Maniche pun mengungkapkan, para pemain Benfica kala itu mendapat pengalaman pertama dilatih sosok yang sangat memahami manajemen manusia. Menurutnya, karisma Mourinho sudah terbangun sejak awal kariernya sebagai pelatih.

Baca: Cetak 4 Gol, Ronaldo Korea Malah Dipermalukan Mourinho

Cristiano Ronaldo Jadi Raja Gol Dunia Lewati Josef Bican

"Cara kerja dan komunikasi Mourinho merupakan hal baru dan luar biasa. Kepercayaan dirinya yang ditransmisikan begitu kuat. Sehingga kami yakin kami semua pemain luar biasa," kata Maniche kepada O Jogo, dilansir Tribal Football.

Salah satu momen yang dia kenang adalah ketika salah satu rekan setimnya, Karel Poborsky, punya keinginan besar kepada Mourinho. Dan Mourinho pun menunjukkan reaksi yang sangat luar biasa terhadap Poborsky yang merupakan mantan pemain Manchester United.

Kata Cristiano Ronaldo Usai Hattrick Bersejarah di Old Trafford

Baca: Permalukan Ronaldo Korea, Mourinho Dihujat Netizen

"Menjelang pertandingan melawan Boavista, Karel Poborsky mengatakan ingin bermain di posisi nomor 10. Mourinho lalu memanggilnya ke ruang ganti, menyuruhnya duduk di kursinya dan meminta untuk menjelaskan kepadanya," jelas Maniche.

"Bukan kebetulan dia (Mourinho) menulis kata pengantar untuk buku biografi saya. Kata-katanya sangat kuat dan mencerminkan siapa saya. Dia sosok pelatih yang membawa seorang pemain dan memberikan jaminan," lanjut Maniche.

Sehingga menurut Maniche, tidak heran jika Mourinho meraih sukses besar sebagai pelatih. "Dia memenangkan banyak gelar juara penting, memecahkan rekor demi rekor dan suka berada di garis depan. Itulah mengapa dia salah satu yang terbaik."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya