Ini Kerugian Besar Klub Premier League yang Terdegradasi

Pemain Sunderland.
Sumber :
  • Reuters / Lee Smith

VIVA.co.id – Meski masih menyisakan dua pertandingan lagi, tiga klub Premier League sudah dipastikan terdegradasi ke Championship Division, yakni Hull City, Middlesbrough dan Sunderland.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Seperti dilansir Skysports, Selasa 16 Mei 2017, Deloitte's Sports Business Group menaksir ketiganya akan mengalami kerugian hingga £65 juta (Rp1,115 triliun).

Ada banyak faktor penyebab. Di antaranya, kerugian karena pendapatan dari hak siar “selangit” yang tak akan mereka dapatkan seperti saat masih di Premier League. 

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Meski demikian, Premier League punya aturan. Pemberian dana bantuan kepada tiga tim tersebut. Demi memudahkan mereka bertahan dari krisis finansial usai terdegradasi.

Sunderland akan mendapat suntikan dana dari Premier League dengan persentase yang bervariasi dalam tiga musim ke depan jika masih gagal kembali ke Premier League.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Sedangkan Hull City dan Middlesbrough yang hanya satu musim di Premier League, akan mendapat dana untuk dua musim ke depan jika gagal kembali ke Premier League.

Sementara itu, bagaimana kans ketiga tim ini bisa kembali promosi cepat ke Premier League? Faktanya, tim yang terdegradasi, sering gagal bisa promosi cepat di musim berikutnya.

Sejak Premier League dimulai di musim 1993 hingga musim 2015 lalu, dari 70 tim yang terdegradasi, hanya 22 tim yang langsung promosi di musim berikutnya (28,6 persen).  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya