FA Bakal Hukum Berat Pelaku Diving di Musim Depan

Pertandingan Premier League antara Chelsea melawan AFC Bournemouth
Sumber :
  • Twitter/@ChelseaFC

VIVA.co.id - Federasi Sepakbola Inggris (FA) terus membuat aturan ketat di ajang Premier League. FA akan menjatuhi hukuman berat kepada pemain yang kedapatan melakukan aksi diving demi mendapat keuntungan bagi timnya.

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Diving memang menjadi salah satu trik curang dalam sepakbola. Di mana, para pemain kerap menggunakannya agar bisa membuat timnya meraih kemenangan.

Kondisi itu juga membuat Premier League mulai ketat mengawasi pemain yang bertingkah seperti itu. Kini, mereka menyusun regulasi bernama 'Successful Deception of a Match Official' yang akan membuat pelaku diving itu jera.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Perubahan regulasi itu sudah disetujui oleh pihak Dewan FA pada Kamis 18 Mei 2017 ini. Regulasi itu sendiri sebelumnya sudah digodok selama berbulan-bulan.

"Bila ada bukti yang jelas bahwa seorang pemain terbukti berusaha mengelabui wasit dan sebagai akibatnya wasit memberikan penalti, atau pemain lawan ada yang diusir lapangan baik karena kartu merah langsung atau akumulasi kartu kuning, maka pihak FA akan langsung mengusutnya," bunyi pernyataan FA.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

"Lalu, akan ada sebuah panel independen yang terdiri dari tiga orang yang akan melakukan penilaian atas aksi diving pemain tersebut melalui rekaman video," lanjut pernyataan tersebut.

Ketiga orang itu terdiri dari satu mantan ofisial pertandingan, satu eks manajer dan satu mantan pemain. Jika ketiganya memiliki pendapat yang sama, maka hukuman akan langsung dijatuhkan pada pemain tersebut.

Hukuman apa yang akan diberikan pada pemain tersebut. FA akan menjatuhkan sanksi larangan main sebanyak dua kali pertandingan kepada pemain tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya