5 Fakta Menarik Usai MU Susah Payah Kalahkan Brighton

Pemain Manchester United, Ashley Young (kanan)
Sumber :
  • Reuters/Jason Cairnduff

VIVA – Manchester United harus susah payah menghentikan perlawanan tim promosi, Brighton and Hove Albion. Menjamu Brighton di Old Trafford dalam laga lanjutan Premier League pekan ke-13, Romelu Lukaku cs hanya menang tipis 1-0, Sabtu 25 November 2017 WIB.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Meski mampu mendominasi jalannya pertandingan, MU justru kesulitan mencetak gol. Permainan kolektif dan pertahanan solid Brighton membuat pasukan Jose Mourinho menemui jalan buntu.

Gol kemenangan MU hanya lahir dari gol bunuh diri pemain belakang Brighton, Lewis Dunk. Adalah Ashley Young yang melepaskan tendangan keras dan membentur tubuh Dunk. Sehingga, bola meluncur ke dalam gawangnya sendiri.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Usai kemenangan MU atas Brighton, tercipta sejumlah fakta menarik. Menurut data Opta dan BBC, ada gol bunuh diri Dunk. Pemain belakang berusia 26 tahun ini punya catatan unik saat melakukan gol bunuh diri. 

Sebelum membobol gawangnya sendiri dalam laga kontra MU, Dunk juga mencetak gol bunuh diri saat melawan Manchester City dalam laga perdana Premier League musim ini. Dunk jadi satu-satunya pemain yang mencetak dua gol bunuh diri dalam satu musim, sepanjang sejarah Premier League.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Selain itu, ada pula catatan perpanjangan rekor MU saat bermain di Old Trafford. Serta, catatan rekor lainnya yang juga dibuat oleh Mourinho.

Lima Fakta Menarik Usai MU Susah Payah Kalahkan Brighton

- Kemenangan atas Brighton memperpanjang rekor tak terkalahkan MU menjadi 39 laga, saat menjamu lawan di Old Trafford. MU berhasil memetik 28 kemenangan dan 11 hasil imbang.

- MU terakhir kali kalah di Old Trafford adalah 441 hari sebelumnya. MU dipermalukan rival sekota, Manchester City, September 2016 lalu.

- Pemain belakang Brighton, Lewis Dunk, adalah pemain yang mencetak dua gol bunuh diri dalam satu musim sepanjang sejarah Premier League. Uniknya, Dunk melakukan gol bunuh diri saat menghadapi klub asal Manchester. Di laga perdana musim ini, Dunk membuat gol bunuh diri saat menghadapi Manchester City.

- Kemenangan 1-0 atas Brighton menambah panjang rekor clean sheet untuk Jose Mourinho, sejak menukangi MU musim 2016/2017. Mouirnho sukses mengantar MU meraih 26 clean sheet dari 51 pertandingan bersama MU khusus di ajang Premier League.

- MU baru kebobolan enam gol dalam 13 laga musim ini. Jumlah tersebut adalah yang paling rendah sejak Premier League musim 2007/2008.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya