Efektifitas Strategi Bebas Juventus Ala Andrea Pirlo

Andrea Pirlo
Sumber :
  • instagram

VIVA – Juventus mendulang hasil memuaskan di laga perdana Serie A musim ini. Di bawah asuhan pelatih anyar, Andrea Pirlo, ‘Si Nyonya Tua’ sukses menggasak Sampdoria tiga gol tanpa balas.

Barcelona Cegah Xavi Pergi

Itu adalah laga perdananya bersama Juventus sekaligus debut sebagai pelatih.

Selain mempersembahkan kemenangan, penampilan perdana Pirlo sebagai allenatore sekaligus menjawab penasaran publik bagaimana sang maestro meracik strategi tim.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Andrea Pirlo

Menurut Football Italia, ada beberapa pola yang diterapkan Pirlo. Pada dasarnya dia memakai format tiga bek, 3-5-2, namun bisa bertransformasi menjadi 5-4-1, atau bahkan menjadi formasi empat bek.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Lepas dari pola  atau formasi yang digunakan, satu hal mendasar yang ternyata menjadi ciri khas dari strategi Pirlo adalah kebebasan yang diberikan kepada pemain.

Pemain Juventus merayakan gol ke gawang Sampdoria

“Kami bebas untuk bermain lebih agresif dan bisa merebut kembali bola. Berbeda dengan Sarri yang mau tim ini selalu bergerak secara berkelompok,” kata Leonardo Bonucci.

Hal senada disampaikan oleh Dejan Kulusevski, pemain anyar yang mencetak gol pembuka ke gawang Sampdoria. “Pirlo sangat rileks. Dia percaya kepada pemain, jadi sangat mudah. Dia membiarkan kami bermain dan bersenang-senang”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya