Buffon Masih 'Ngarep' Jadi Juara Liga Champions

Kiper Timnas Italia, Gianluigi Buffon
Sumber :
  • REUTERS/Arnd Wiegmann

VIVA – Meski sudah berusia 39 tahun, Gianluigi Buffon tetap mampu mencapai prestasi gemilang. Kiper veteran Juventus itu terpilih sebagai kiper terbaik dunia dalam ajang The Best FIFA 2017.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Buffon terpilih sebagai kiper terbaik dunia, usai mengungguli beberapa nama besar lain semisal Manuel Neuer, Keylor Navas, Thibaut Courtois, Hugo Lloris, dan David De Gea. Gelar ini jadi yang ketiga diraih Buffon setelah tahun 2016 dan 2003.

Namun, Buffon tampaknya masih belum puas dengan pencapaiannya ini. Ya, sejak memperkuat Juventus pada 2001, Buffon menginginkan gelar juara Liga Champions. Wajar saja, Buffon belum pernah membawa Juventus meraih gelar ini.

Tak Dipakai MU, Pemain Ini Malah Jadi Incaran Dua Raksasa Italia Juventus dan AC Milan

Tercatat, Buffon merasakan tiga kali laga final Liga Champions. Melawan AC Milan 2002/2003, kontra Barcelona musim 2014/2015, dan menghadapi Real Madrid di musim 2016/2017. Sayang, dari tiga kesempatan tersebut tak sekalipun berhasil dimaksimalkan Buffon untuk meraih gelar juara.

Kemenangan di tahun terakhir karier, adalah mimpi terbesar eks penjaga gawang Parma ini. Buffon ingin menutup kariernya dengan manis bersama Juventus, maupun bersama Timnas Italia. 

Kisah Inspiratif Cristiano Ronaldo dari Masa Kecil yang Sulit Menuju Puncak Kejayaan

"Saya ingin mengakhiri karier saya dengan sebuah kemenangan besar. 12 tahu lalu, saya memenangi Piala Dunia. Tapi, saya kehilangan di tiga final Liga Champions," ujar Buffon dikutip ESPN.

"Saya pikir tahun lalu luar biasa bagi saya, dan untuk tim. Itu tidak cukup untuk menjadi juara di Eropa (Liga Champions). Dan saya harap, tahun ini kami bisa menjadi lebih baik. Baik itu bersama Juventus dan tim nasional (Italia)," ujarnya. 

Hampir 17 musim membela Juventus, Buffon sudah tampil dalam 633 pertandingan di semua ajang. Buffon juga ikut mengantar Juventus meraih 10 gelar Scudetto (dua gelar lainnya dianulir akibat skandal Calciopoli), tiga gelar Coppa Italia, dan lima gelar Supercoppa Italia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya