Final Copa del Rey: Barcelona di Ambang Double Winner Ke-9 - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Sabtu, 25 Mei 2019 | 16:49 WIB

Final Copa del Rey: Barcelona di Ambang Double Winner Ke-9

Barcelona diunggulkan menang atas Valencia
Para pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Liverpool (kiri)
Photo :
  • Instagram/@fcbarcelona

Para pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Liverpool (kiri)

VIVA – Satu lagi trofi domestik yang tersisa untuk Barcelona adalah Copa del Rey. Untuk mendapatkannya, Blaugrana harus mengalahkan Valencia di partai final yang digelar di Estadio Benito Villamarin, Minggu dini hari WIB, 26 Mei 2019. 

Kemenangan akan mencatatkan Barca di dalam buku sejarah sepak bola Spanyol. Barca akan mencetak double winner (dua gelar dalam satu musim kompetisi) untuk yang kesembilan sepanjang sejarah. Sebelum final ini, Barcelona telah lebih dulu memastikan gelar LaLiga.

Adapun raihan delapan kali double winner, pernah dilakukan Los Cules pada musim 1951-1952, 1952-1953, 1958-1959, 1997-1998, 2008-2009, 2014-2015, dan 2015-2016.

Dikutip Transfermarkt, Barca sepertinya akan mudah untuk memenangkan laga ini. Sebab, rekor pertemuan selama ini lebih condong ke Barcelona sebagai pemenangnya.

Dalam 10 pertemuan terakhir di Copa del Rey, Barcelona lebih unggul atas Valencia. Barcelona menang empat kali, imbang tiga kali, dan tiga laga berakhir dengan kekalahan dari Los Che. Adapun dalam enam pertandingan terakhir di Copa del Rey, Barca tak terkalahkan. 

Barca pernah menang 7-0 atas Valencia di Copa del Rey. Kemenangan telak itu, mereka dapatkan pada semifinal leg pertama musim 2015-2016. Sedangkan kemenangan terakhir Valencia atas Barca di Copa del Rey, terjadi pada musim 2007-2008. Itu terjadi, saat babak semifinal yang berkesudahan 3-2 untuk Valencia.

Tantangan Valverde dan Cedera Pemain

Jelang partai final ini, Barcelona memiliki kendala. Mereka dipastikan tidak akan diperkuat oleh Luis Suarez ,Ousmane Dembele dan penjaga gawang Marc-Ander ter Stegen karena dibekap cedera.

Lewat laman resmi mereka, Barcelona mengumumkan bahwa Suarez mengalami cedera medial meniscus pada lutut kanannya. Mantan pemain Liverpool itu pun menjalani operasi arthroscopic oleh dokter spesialis lutut, Ramon Cugat dengan pengawasan dari staf medis Barcelona. 

Sedangkan Ter Stegen, dikabarkan masih tidak nyaman dalam bergerak setelah menjalani perawatan, karena masalah pada lutut kanannya. Kiper asal Jerman itu juga telah melewatkan tiga pertandingan terakhir LaLiga musim ini. Absennya Ter Stegen, akan membuat Jasper Cillessen menjadi opsi utama di laga terakhir Barca musim ini. 

Meski demikian, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menantang para pemainnya untuk menuntaskan musim ini dengan manis dengan memenangkan trofi Copa del Rey. "Semua laga yang tersisa setelah kami menjadi juara adalah bagaikan ujian. Namun, laga final Copa del Rey akan menjadi laga dengan tensi yang berbeda, ucap Valverde dikutip Sportmole. (asp)

loading...
Muat Lainnya...