RESMI: Barcelona Pecat Ernesto Valverde

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA – Barcelona akhirnya resmi memecat Ernesto Valverde, menyusul kegagalan The Catalans di Piala Super Spanyol 2019/2020. Pelatih berusia 55 tahun dianggap gagal membuat Lionel Messi cs tampil garang seperti saat masih ditangani Pep Guardiola beberapa musim lalu.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Lewat situs resmi klub, Fcbarcelona.com, manajemen Los Azulgranas mengumumkan pemecatan mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut.

"FC Barcelona dan Ernesto Valverde sudah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak yang sebelumnya menyatukan kedua belah pihak," bunyi pernyataan Barcelona.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta
>
Presenter Cantik Asal Spanyol Ini Bukan Manusia

Valverde sebenarnya sudah mendapat desakan pemecatan dari sejumlah fans yang tak puas dengan prestasi Barcelona musim lalu. Disingkirkan secara menyakitkan Liverpool di babak semifinal Liga Champions 2018/2019, dan ditebas Valencia dalam laga final Copa del Rey di musim yang sama, sempat membuat nama Valverde tersudut.

Akan tetapi, Barca pada akhirnya memutuskan untuk mempertahankan Valverde di posisinya untuk mengarungi musim baru. Performa Barcelona musim ini memang tak terlalu menggigit.

Meskipun tengah berada di puncak klasemen, catatan statistik Barcelona tak istimewa. Hingga pekan ke-19, Barcelona sudah menelan tiga kekalahan, empat hasil seri, dan meraih 12 kemenangan. Pun di Liga Champions, Barcelona juga berhasil lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde

Sayangnya, catatan itu tak membuat manajemen memberi nilai istimewa buat Valverde. Kegagalan di Piala Super Spanyol pada akhirnya jadi senjata utama manajemen untuk memecatnya.

Seperti yang diketahui, Barcelona menelan kekalahan usai melewati laga dramatis melawan Atletico Madrid di babak semifinal. Sempat unggul dua gol, Barcelona akhirnya menyerah 2-3 dari Atletico dalam duel yang digelar di King Abdullah Sports City, Jedah, Arab Saudi.

Valverde sebelumnya ditunjuk menjadi juru taktik Barcelona pada 2017 lalu. Hampir tiga musim menjadi nahkoda Blaugrana, Valverde hanya mampu mendaratkan empat gelar domestik, dua gelar LaLiga, satu gelar Copa del Rey, dan satu Piala Super Spanyol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya