LaLiga Sudah Kelar, Kapan Final Copa del Rey Digelar?

Duel antara Real Sociedad vs Mirandes di semifnal Copa del Rey 2019/20
Sumber :
  • Twitter/@RealSociedad

VIVA – LaLiga musim 2019/20 telah rampung digelar. Real Madrid sukses keluar sebagai juara. Laga pamungkas atau pekan ke-34 baru saja digelar semalam, Minggu 19 Juli 2020.

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

Sebenarnya, masih ada satu ajang lagi di Spanyol yang belum selesai. Yakni, final Copa del Rey yang mempertemukan dua tim asal Basque, Real Sociedad dan Athletic Bilbao.

Sejatinya, final berlangsung di Estadio de la Cartuja, Sevilla pada 18 April 2020. Namun, terpaksa ditunda karena pandemi virus corona.

Akhiri Penantian 40 Tahun, Athletic Bilbao Juara Copa del Rey, Makin Tinggalkan Real Madrid

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) sebenarnya ingin final dituntaskan musim ini. Namun, harus digelar tanpa penonton seperti yang terjadi di LaLiga karena situasi masih belum memungkinkan.

Pertandingan semifinal Copa del Rey 2019/20 antara Athletic Bilbao vs Granada.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Real Madrid vs Athletic Bilbao di LaLiga

Bilbao dan Sociedad keberatan dengan laga itu. Mereka sama-sama ingin laga tetap digelar dengan penonton. Mereka pun mencapai kesepakatan dengan RFEF pada Mei lalu, untuk menggelar laga final dengan penonton. Namun, tanggal final sampai sekarang belum ditentukan.

"Keinginan dan kemauan kedua klub sekarang dan sebelumnya selalu sama, untuk menikmati final bersama dengan suporter. Inilah yang kami paling inginkan. Final yang dijalani bersama suporter kami di tribun," bunyi pernyataan bersama di situs resmi Sociedad dan Bilbao.

RFEF pun menyetujui keinginan dari dua finalis. Namun, final baru bisa diselenggarakan saat kondisi kesehatan benar-benar aman dari COVID-19 dan sudah memungkinkan laga digelar dengan penonton. Ada kemungkinan, final baru digelar pada 2021 mendatang.

"RFEF menghargai keputusan dan permintaan bersama kedua klub. Kami akan membuat regulasi yang diperlukan untuk final Copa del Rey, yang digelar sebagai kompetisi resmi pada 2020 atau 2021, dan pastinya sebelum akhir musim 2020/21," bunyi pernyataan resmi RFEF.

Konsekuensinya, pemenang final Copa del Rey 2019/20 tak mendapatkan jatah tampil di penyisihan grup Liga Europa musim depan. Sebab, ajang ini tak akan selesai sebelum batas registrasi UEFA pada 3 Agustus 2020.

Granada yang finis di posisi 7 LaLiga ketiban untung. Mereka berhak tampil di kualifikasi kedua Liga Europa, sekaligus kali pertama sepanjang sejarah tampil di Eropa.

Baca juga:
Klasemen Akhir LaLiga: Madrid Juara, Rival Sekota Barca Juru Kunci
Lolos ke Eropa Pertama Kali, Granada Rayakan Bak Juara
Zidane Ungkap Alasan Tinggalkan Bale di Laga Pamungkas LaLiga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya