Tanpa Neymar, Barcelona Lebih Stabil tapi Kurang Bersemangat

Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Andres Iniesta.
Sumber :
  • REUTERS/Heino Kalis

VIVA – Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic menilai, timnya lebih seimbang sejak ditinggal Neymar Jr. Menurutnya, Barcelona langsung mengubah strategi sejak kepergian Neymar.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Pernyataan Rakitic bukan tanpa alasan. Barca belum terkalahkan musim ini. Mereka kokoh di puncak klasemen sementara LaLiga dengan 35 poin dari 13 pertandingan.

Barcelona seperti tidak merasa kehilangan sosok Neymar yang terpaksa dijual ke Paris Saint Germain (PSG) seharga €222 juta pada musim panas lalu.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

"Tanpanya (Neymar Jr), kini kami bermain lebih baik. Kami mengubah sistem permainan," kata Rakitic seperti dikutip dari Football Espana, Kamis 30 November 2017.

"Kini kami lebih seimbang, baik dari segi pertahanan, ataupun dari sisi penyerangan. Tapi, kami masih memiliki ruang untuk terus berkembang," tuturnya.

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

Meski demikian, Rakitic tetap berharap Neymar bisa kembali bersama Barcelona. Sebab, sosok Neymar mampu mengangkat motivasi para pemain lainnya.

"Kami lebih bersemangat ketika ada Neymar di sini. Mungkin itu sesuatu yang sedikit kami rasakan sejak kepergiannya. Dia sosok pemain yang selalu diharapkan jadi rekan setim," katanya.

"Andai punya tongkat ajaib, saya ingin membawanya lagi ke sini (Barcelona)," lanjut Rakitic. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya