Sebelum Essien, 6 Pemain Kelas Dunia Merumput di Indonesia

Michael Essien Resmi Gabung Persib Bandung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA.co.id - Indonesia masih mampu mencuri perhatian para pemain kelas dunia. Itu terlihat dariĀ  banyaknya pemain kelas dunia yang pernah bergabung dengan tim-tim besar di Indonesia.

Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel Dua Jebolan Serie A

Rata-rata pemain tersebut tampil di Liga Indonesia saat usia mereka sudah memasuki periode pensiun. Namun, permainan mereka masih mampu menarik perhatian pencinta sepakbola.

Seperti bintang Timnas Kamerun, Roger Milla, yang hijrah ke Indonesia pada 1994. Dia bergabung dengan Pelita Jaya, kala usianya sudah memasuki 42 tahun.

Cara Prawira Harum Bandung Dekatkan Diri dengan Fans

Terbaru adalah Michael Essien, yang direkrut oleh Persib Bandung untuk kompetisi Liga 1 mulai April mendatang. Maung Bandung mengontrak eks pemain Chelsea dan Real Madrid tersebut selama satu tahun.

Beberapa pemain yang datang ke Indonesia, ada yang sukses ada juga yang permainannya tak berkembang. Berikut deretan pemain kelas dunia yang pernah tampil di Indonesia.

Shin Tae-yong Lakukan Panggilan Darurat, Pemain Persib dan Persija Langsung Diterbangkan ke Vietnam

1. Michael Essien

Eks gelandang Chelsea tersebut menjadi kado ulang tahun Persib Bandung ke-84. Essien dikontrak selama semusim, guna memperkuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 mulai April mendatang.

"Ini tantangan buat saya. Karena seperti kita tahu, dia (Essien) pemain dunia yang pengalamannya tidak diragukan lagi. Ini surprise, dan dia pemain yang kami harapkan," kata pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman.

Kehadiran gelandang berusia 34 tahun itu dinilai bisa mendongkrak sepakbola di Tanah Air. Essien berharap kedatangannya bisa menjadi awal yang baik bagi Persib dan kompetisi di Indonesia.

Pencapaian terbesar Essien memang tejadi saat bermain untuk Chelsea. Dia memperoleh 2 trofi Premier League , 4 Piala FA serta satu Piala Liga Inggris, Community Shield, hingga Liga Champions.

Selanjutnya, Bintang Kamerun...


2. Roger Milla

Roger Milla

Roger Milla jadi salah satu pemain terhebat yang pernah dimiliki Kamerun. Dia membela Kamerun di ajang internasional sejak 1973 hingga 1994.

Usai pensiun dari timnas, Milla yang pernah menjadi pemain tertua dalam Piala Dunia 1990 memilih hijrah ke Indonesia. Milla bergabung dengan Pelita Jaya pada 1994 hingga 1995.

Setelahnya, pria yang kini berusia 64 tahun itu membela Putra Samarinda hingga 1996. Tidak ada satu gelar pun yang mampu dipersembahkan Milla untuk dua klub tersebut.

3. Pierre Njanka

Pemain Persija Pierre Njanka

Bintang timnas Kamerun periode 1994-2004 ini memiliki catatan karier cukup banyak di Indoensia. Njanka didatangkan Persija Jakarta pada 2008 silam.

Pemain yang pernah memperkuat Kamerun di gelaran Piala Dunia 1998 dan 2002 ini lalu pindah ke Arema Indonesia. Bersama tim asal Malang itu, dia meraih gelar juara Liga Super Indonesia (ISL) pada musim 2009/10.

Usai membela Arema, Njanka pindah ke Atjeh United. Kemudian pada 2011/12, dia membela Mitra Kukar. Pria 39 tahun ini akhirnya menutup kiprahnya di ISL saat membela Persisam Samarinda di 2012/13.

Selanjutnya, Legenda Argentina...



4. Mario Kempes

Legenda timnas Argentina, Mario Kempes.

Kempes tampil sebanyak 43 kali bersama Argentina, dan sukses mencetak 20 gol bersama Tim Tango. Juara Piala Dunia 1978 ini memulai karier di Indonesia pada 1993 dengan gabung di Pelita Jaya.

Selama satu musim membela Pelita Jaya, Kempes hanya bermain sebanyak 15 kali dan mencatatkan 10 gol. Musim berikutnya, mantan pemain River Plate dan Valencia ini diangkat sebagai pelatih Pelita Jaya.

5. Ivan Bosnjak

Pemain anyar Persija Jakarta, Ivan Bosnjak (kedua dari kanan)

Ivan Bosnjak adalah penggawa Kroasia di Piala Dunia 2006, Jerman. Pemain yang kini berusia 38 tahun itu membela Persija Jakarta pada 2014.

Harga beli Bosnjak kala itu disebut-sebut berada di angka Rp1 miliar. Namun, kualitas yang ditunjukkan Bosnjak bersama Persija tidak sepadan dengan harganya.

Penampilannya di bawah standar, dan tak mampu menjadi mesin gol bagi Macan Kemayoran. Persija yang saat itu dilatih Benny Dollo, akhirnya tak memakai jasa Bosnjak kembali.

Selanjutnya, Bintang Asal Inggris...



6. Lee Hendrie

Lee Hendrie

Lee Hendrie menarik perhatian banyak pihak kala memilih bergabung dengan Bandung FC pada 2011. Mantan gelandang Aston Villa dan Timnas Inggris itu bermain di Indonesia Premier League (IPL).

Sayangnya, ketidakjelasan kompetisi tersebut membuat Hendrie hanya bermain beberapa bulan sebelum kembali lagi ke Inggris. Selama bermain untuk Bandung FC, Hendrie juga tampil tak maksimal.

7. Marcus Bent

Marcus Bent

Marcus Bent merupakan pemain yang sudah pernah merumput dengan tim-tim besar di Inggris. Sebut saja Crystal Palace, Everton hingga Birmingham City.

Bent datang ke Indonesia pada musim 2011/2012 setelah dikontrak Mitra Kukar. Namun, akhirnya striker Timnas Inggris U-21 itu dilepas pada 17 April 2012, karena cuma bikin 4 gol dari 11 laga selama lima bulan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya