Timnas Jepang Lanjutkan Tradisi Bersih-bersih di Asian Games 2018

Pesepakbola Jepang saat babak penyisihan Grup D pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (16/8/2018) .
Sumber :
  • INASGOC/Djuli Pamungkas

VIVA – Kebersihan merupakan hal yang paling dijaga oleh kontingen Jepang di berbagai ajang, termasuk Asian Games 2018, Jakarta-Palembang. Tradisi bersih-bersih ruangan kembali mereka tampilkan kala berlaga di Asian Games.

Di Piala Asia Saja Gugur, Timnas Jepang Malah Bermimpi Ranking 1 Dunia FIFA

Salah satu yang melakukan tradisi tersebut adalah tim sepakbola Jepang. Usai kalah dari Vietnam, Minggu 19 Agustus 2018, Jepang melakukan aksi berkelasnya.

Skuat Negeri Matahari Terbit itu membersihkan ruang ganti Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, usai laga. Pemandangan ini disaksikan langsung oleh salah satu volunteer Asian Games, Gilang Syahputra.

Kata Pelatih Jepang Usai Tersingkir dari Piala Asia 2023

"Akhirnya, bisa lihat langsung tradisi yang viral di Piala Dunia 2018 Rusia. Patut untuk ditiru, bukan cuma untuk atlet, tapi warga yang mau menonton langsung pertandingan Asian Games," kata Gilang, Selasa 21 Agustus 2018, dalam siaran pers yang diterima VIVA.

Sebenarnya bukan cuma atlet Jepang yang melakukan tradisi bersih-bersih. Pemandangan menarik lainnya terlihat di Kompleks Gelora Bung Karno, kala ada suporter Jepang yang memungut puntung rokok di jalanan dan membuangnya ke tempat sampah.

Kado untuk Bek Timnas Jepang Usai Gugur di Piala Asia 2023

Suporter Jepang bersih-bersih kawasan GBK

"Ada tradisi dan contoh baik dari Jepang yang disiplin dalam menjaga lingkungan sekitar. Waktunya Indonesia mengadaptasi budaya baik tersebut. Asian Games jadi momennya," ujar Direktur Media PR INASGOC, M Buldansyah.

Timnas Jepang rayakan gol ke gawang Timnas Indonesia

Nasib Tragis 3 Tim Penakluk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Piala Asia 2023 Qatar telah memasuki babak semifinal. Ada hal yang menarik, karena seluruh tim yang menaklukkan Timnas Indonesia tak ada yang menyentuh babak ini.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024