Logo BBC

Kenapa Liga Inggris Tak Beri Penghormatan Korban Penembakan?

Pemain Watford dan Manchester United memberikan penghormatan selama semenit pada November 2015 - Getty Images
Pemain Watford dan Manchester United memberikan penghormatan selama semenit pada November 2015 - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Premier League, Liga Sepakbola Inggris dan Asosiasi Sepakbola atau FA dituduh menerapkan "standar ganda" karena tidak melakukan penghormatan terhadap 50 orang yang tewas dalam serangan masjid di Selandia Baru.

Enam negara dan laga liga rugby melakukan penghormatan atas insiden itu pada akhir pekan ini, tetapi ini tidak dilakukan dalam laga papan atas Inggris dan Piala FA.

Padahal, para pemain klub-klub Liga Primer mengenakan kain warna hitam di lengannya dan menyanyikan lagu kebangsaan Prancis setelah serangan Paris pada November 2015.

Yunus Lunat, mantan Ketua Dewan Kesetaraan Ras Asosiasi Sepakbola Inggris atau FA, menyebutnya sebagai "kemunafikan".

Ketika melakukan penghormatan pada insiden serangan di Prancis 2015, ketua Liga Primer Richard Scudamore mengatakan hal itu dilakukan sebagai bentuk "solidaritas dan kenangan" setelah serangan di ibu kota Prancis, yang menewaskan 130 orang.

Kepada BBC Sport, Yunus Lunat mengatakan: "Tidak ada alasan, kapan pun sesuatu terjadi, bahkan pada skala yang sama, sepakbola selalu bersikap dan melakukan penghormatan."

"Apa yang terjadi sekarang itu adalah standar ganda dan sikap munafik. Berdiam diri selama semenit adalah tindakan yang tepat. Ketika hal itu dilakukan sebagai tanggapan atas sebuah peristiwa, seharusnya itu dilakukan siapapun terhadap setiap serangan."