Tak Banyak Orang Tahu, Mohamed Salah Nyaris Jadi Tentara Mesir

Winger Liverpool, Mohamed Salah, mencium trofi Liga Champions
Sumber :
  • Instagram/@mosalah

VIVA – Seluruh dunia mungkin tahu bahwa Mohamed Salah adalah salah satu dari sekian banyak pesepakbola papan atas dunia. Tetapi, banyak yang tidak mengetahui bahwa winger berusia 26 tahun ini nyaris masuk ke dunia militer.

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Nama bintang berpaspor Mesir ini semakin menanjak, terutama dalam kurun waktu dua musim terakhir. Performa eksplosif Salah bersama Liverpool, menjadikannya salah satu pemain yang paling bersinar di Premier League. 

Tak cuma di kompetisi domestik Inggris, Salah juga mampu mengantar armada Merseyside Merah menjuarai Liga Champions 2018/2019. Ya, ini adalah pencapaian tertinggi Salah selama hampir 10 tahun kariernya dalam dunia sepakbola profesional.

Wonderkid Chelsea Terancam Sanksi Disiplin Usai Diduga Kunjungi Klub Telanjang

Gelar juara Liga Champions musim ini, seakan membalas sakit hati Salah, saat gagal juara usai kalah dari Real Madrid di partai final musim lalu.

Kisah Salah yang tak banyak diketahui publik adalah, ia hampir saja bergabung dengan militer Mesir, tepatnya pada 2014 silam. Menurut data Independent, Salah pernah diminta untuk mengikuti wajib militer. Sebab, dalam regulasi negaranya, Mesir mewajibkan setiap pria yang sudah memenuhi persyaratan untuk masuk dalam wajib militer.

Berkah Ramadhan untuk Ramadhan Sananta, Jumlah Golnya Lampaui Lionel Messi!

Salah mendapat panggilan dari negaranya untuk masuk wajib militer, saat ia baru saja diboyong Chelsea dari klub elite Swiss, FC Basel. Hal ini yang kemudian membuat salah seorang pejabat Federasi Sepakbola Mesir (EFA), Ahmed Hassan, meminta dispensasi kepada pemerintah.

Hassan yakin bahwa Salah bisa mengabdikan diri sebagai warga negara, lewat jalur sepakbola.

"Salah telah menyatakan terkejut tentang keputusan itu. Saya telah mengatakan bahwa dia berusaha untuk mewakili Mesir dengan cara yang terbaik," ujar Hassan dikutip Independent pada 2014.

Sepanjang sembilan tahun kariernya, Salah tercatat pernah membela sejumlah klub papan atas. Selain Basel dan Chelsea. Salah pernah bermain bersama Fiorentina dan AS Roma, sebelum hijrah ke Liverpool pada 2017. Sepanjang kariernya di level klub, Salah sudah tampil dalam 355 pertandingan dan mencetak 148 gol.

Sementara itu, Salah sudah membela Timnas Mesir sejak 2011. Total Salah mampu mencetak 39 gol, dalam 61 pertandingan internasional. Sayangnya, ia belum bisa mengantar The Pharaohs meraih gelar juara. Prestasi terbaik Salah bersama Mesir adalah menjadi runner-up Piala Afrika 2017. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya