Hari Ini, 10 Tahun Lalu Dosa Luis Suarez di Piala Dunia Afrika Selatan

Luis Suarez melakukan handball di perempatfinal Piala Dunia 2010.
Sumber :
  • Mirror

VIVA – Luis Suarez penyerang sepakbola yang ditakuti lawan saat di lapangan hijau. Suarez adalah penyerang Barcelona yang sudah bergabung sejak 2014 lalu. 

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Bersama Barcelona, Suarez telah mencetak 144 gol dari 186 penampilan. Suarez telah mempersembahkan empat trofi LaLiga, satu piala Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia antar Klub. 

Suarez tidak hanya dikenal sebagai penyerang yang ganas, namun pemain berusia 33 tahun ini juga sering melalukan tindakan kontroversial. Mulai dari menggigit lawan hingga melakukan penyelamatan dengan menepis bola layaknya seorang kiper. 

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Hari ini, 2 Juli 10 tahun yang lalu Suarez melakukan tindakan kontroversial saat di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Ketika itu Uruguay bertarung melawan Ghana dibabak perempatfinal. 

Pertandingan tersebut berjalan dengan ketat, kedudukan imbang 1-1 sampai waktu normal. Di penghujung waktu babak tambahan, Ghana memiliki peluang dan hampir pasti sundulan dari Dominic Adiyiah berakhir dengan gol. 

2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Namun Suarez yang berada di garis gawang menepis bola tersebut. Yang akhirnya ia diberi kartu merah oleh wasit. 

Sayangnya Ghana yang mendapatkan kesempayan melalui Gyan Asamoah tendangannya membentur mistar gawang. Uruguay pun lolos ke semifinal setelah menang dalam adu penalti 4-2. 

Berikut dosa-dosa Suarez di sepakbola, seperti dikutip dari The Sun:

Menggigit lawan:

Usai melakukan tindakan kontroversial di Piala Dunia 2010, Suarez yang ketika itu membela Ajax Amsterdam kembali membuat ulah. Saat Ajax melawan PSV Eindhoven ia menggigit Otman Bakkal, setelah terjadi perselisihan. 

Ajax kemudian memberikan hukuman secara internal. KNVB, Federasi Sepakbola Belanda juga memberi sanksi tujuh kali larangan bertanding. 

Insiden Rasisme dengan Patrice Evra:

Ketika bermain di Liverpool, Suarez juga terlibat insiden dengan pemain Manchester United, Patrice Evra. Insiden rasisme ini terjadi di Anfield Oktober 2011.

Suarez kemudian diberi sanksi larangan bermain delapan pertandingan. 

Menyentuh bola dengan tangan saat melawan Mansfield:

Ketika itu pertandingan di putaran ketiga Piala FA pada Januari 2013, Liverpool bertemu Mansfield. Suarez menggunakan tangannya untuk mengontrol bola, sebelum mencetak gol. Liverpool pun kemudian meraih kemenangan 2-0. 

Insiden Gigitan Suarez kepada Branislav Ivanovic:

Suarez kembali melakukan tindakan tidak terpuji. Kali ini ketika Liverpool bertemu Chelsea, di mana saat di kotak penalti, Suarez menggigit tangan Branislav Ivanovic. 

Suarez vs Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014:

Tampil di Piala Dunia 2014, Suarez kembali berulah. di babak 16 besar saat bertemu Italia, Suarez kembali menggigit pemain. Kalin ini bek Italia, Giorgio Chiellini yang menjadi korban. 

Tindakan ini merupakan ketiga kalinya, Suarez menggigit lawan.

Pemain Uruguay, Luis Suarez, usai gigit Giorgio Chiellini

Baca juga:

Antonio Conte Siap Pasang Badan untuk Pemain Inter Milan

Tak Perlu Belanja Pemain, Mourinho Percaya Diri dengan Skuat Saat Ini

Gaya Seksi Istri Pelatih Italia Roberto Mancini, Bikin Panas Dingin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya