Latihan di Bawah Ancaman Pistol, Jadi Bintang Dunia Bersama Liverpool
Senin, 6 Juli 2020 | 05:06 WIB

Latihan di Bawah Ancaman Pistol, Jadi Bintang Dunia Bersama Liverpool

Masa kecil Firmino begitu keras.
Bomber Liverpool, Roberto Firmino
Photo :
  • IG Liverpool

Bomber Liverpool, Roberto Firmino

VIVA – Kisah kelam dialami oleh bomber Liverpool, Roberto Firmino, saat masih menimba ilmu sepakbola di masa kecil. Bayangkan saja, Firmino harus berlatih di bawah ancaman pistol yang sewaktu-waktu bisa meledakkan kepalanya.

Sama seperti kebanyakan pesepakbola top Brasil lainnya, Firmino terlahir dari keluarga miskin dan hidup di perkampungan kumuh dengan kehidupan gangster yang keras. Saking kerasnya, lingkungan Firmino di kawasan Maceio, tak lepas dari baku tembak yang melibatkan gangster.

Orang tua sempat melarang Firmino berlatih sepakbola, khawatir jadi korban salah tembak saat perang gangster terjadi. Kebetulan pula, lapangan tempat Firmino berlatih, sering dipakai tempat nongkrong gangster dan bagai medan perang.

Pun, gangster di sana sangat keji. Terbukti, lima rekan satu timnya dibunuh di atas lapangan, sebelum menginjak 19 tahun.

"Mungkin saja, dia mengambil jalan yang salah dan berujung pada kematian. Sangat keras dan berbahaya, kehidupan Roberto saat masih remaja. Ketika berlatih dulu, sering kali terjadi momen remaja laki-laki terpaksa berdiam diri di rumah, mengunci pintu, karena tembakan mulai meletus di mana-mana," kata mantan pelatih Firmino, Andre Lima Teixeira, dilansir The Sun.
Striker Liverpool, Roberto Firmino, saat masih remaja

Lebih parahnya lagi, disebutkan Teixeira, perang gangster dengan menggunakan pistol, terjadi saat remaja laki-laki, termasuk Firmino, baru saja melangkah menuju lapangan. Dalam situasi tersebut, tak ada jalan lain kecuali bersembunyi di tempat tertentu.