Ada Kisah Sedih di Balik Alasan Klub Pensiunkan Nomor Punggung

Eks Penyerang Nantes, Emiliano Sala.
Sumber :
  • instagram.com/emilianosala9/

VIVA – Untuk memberikan rasa hormat kepada legenda sepakbola, salah satu cara yang dilakukan adalah mempensiunkan nomor punggung yang digunakan saat mereka bermain. Misalnya Paolo Maldini, pemain AC Milan telah resmi mempensiunkan nomor 3 seiring ia gantung sepatu. 

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Namun ada kejadian yang unik saat sebuah klub mempensiunkan nomor punggung. Ini terjadi di Birmingham City. 

Nomor punggung 22 tidak akan ada lagi di klub Birmingham setelah Jude Bellingham meninggalkan klub. Pemain berusia 17 tahun ini pergi, setelah transfernya ke Borussia Dortmund disetujui. 

Kapten Arsenal: Kejar 2 Gelar Juara Adalah Hal yang Indah

Bellingham sudah bermain untuk tim utama Birmingham sejak berusia 16 tahun 38 hari. Alasan Birmingham adalah, karena pemain tersebut selama proses negosiasi ia tetap berkomitmen dengan klub dan fokus. 

Berikut Nomor yang dipensiunkan oleh klub, dikutip dari The Sun:

Arsenal Tidak Akan Juara Premier League

- Napoli: Klub asal Italia ini tidak lagi mengistirahatkan nomor 10, setelah dipakai oleh Diego Maradona. Napoli mempensiunkan nomor 10 pada tahun 2000 lalu. 

Hal itu untuk menghormati Maradona yang memberikan dua gelar Scudetto Serie A. Gelar tersebut menjadi piala terbaik yang pernah di raih oleh Napoli. Maradona sendiri berkarier di Napoli selama tujuh tahun.

West Ham United: Klub ini mengistirahatkan nomor punggung enam yang dahulu dipakai oleh Bobby Moore. The Hammers memutuskan untuk mempensiunkan nomor enam tersebut pada 2008 lalu. 

AC Milan: Mereka mempensiunkan nomor punggung tiga yang dipakai oleh Paolo Maldini. Nomor punggung tiga langsung diistirahatan ketika Maldini memutuskan gantung sepatu pada 2009 lalu. 

Namun, Maldini memiliki permintaan khusus. Yaitu, nomor tiga bisa kembali dipakai oleh putra dari Paolo Maldini jika ia bermain di tim utama Milan. 

Selama membela Milan, Maldini memberikan tujuh gelar Serie A, lima gelar Liga Champions. 

Ajax Amsterdam: Tahun 2007 lalu, Ajax mengumumkan mengistirahatkan nomor 14 yang pernah dipakai oleh Johan Cruyff. Ia merupakan pencetus ide dari Total Football. Selama berkarier sebagai pemain sepakbola, Cruyff meraih tiga gelar Ballon d'Or.

Manchester City: Klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini mengistirahatkan nomor punggung 23 pada 2003 lalu. ManCity mempensiunkan nomor tersebut untuk menghormati Marc-Vivien Foe. 

Foe tewas saat menjalani pertandingan internasional antara Kamerun vs Kolombia di Piala Konfederasi. Foe sempat terjatuh di lapangan dan nyawanya tidak tertolong. 

Nantes: Di klub tersebut tidak akan ada lagi pemain yang bisa memakai nomor punggung sembilan. Hal ini untuk menghormati Emiliano Sala yang tewas akibat kecelakaan pesawat. 

Sala mengalami kecelakaan setelah menjalani proses transfer ke Cardiff City pada 2019. Selama bermain di Nantes ia mencetak 48 gol dalam 133 pertandingan. 

New York Cosmos: Di klub ini tidak ada pemain yang akan memakai nomor punggung 10. Sebab New York Cosmos mengistirahatkan nomor tersebut, setelah dipakai oleh Pele dari 1975-1977. 

Wolverhampton Wanderers: Klub Premier League ini mempensiunkan nomor 1. Sebelumnya nomor punggung satu tersebut dipakai oleh Carl Ikeme, seorang penjaga gawang. 

Ikeme bermain di Wolverhampton pada 2003-2018. Tahun 2017, ia kemudian didiagnosa menderita Leukimia. 

Setahun kemudian Ikeme memutuskan gantung sepatu, dan nomor punggung satu dipensiunkan oleh Wolverhampton. Itulah sebabnya, Rui Patricio kiper Wolverhampton saat ini memakai nomor 11. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya