Cara Mudah Amankan Data Penting di Internet dari Hacker

Pesan hacker anonymous melalui akun Twitter.
Sumber :
  • twitpic.com

VIVA – Kejadian peretasan serta pembobolan data lewat internet makin sering ditemui. Pembobolan data biasanya ditemukan dari perusahaan-perusahaan kecil dengan tingkat keamanan minim.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Menurut IT Security Services Dept Head Astra Graphia Information Tech, Yustin Perdana, ada beberapa langkah untuk menghindari pembobolan data di sebuah perusahan. Salah satunya bisa diterapkan pada email khusus bagi karyawan perusahaan.

"Jadi begini, kalau kita dapat email dari luar secara infrastruktur punya yang namanya email protection. Sebelum email masuk ke server utama maka email protection akan men-scan virus atau kemungkinan malware atau attachment berbahaya," kata dia kepada VIVA, Kamis, 22 Februari 2018. 

Angkatan Udara Kebobolan, Percakapan 4 Perwira Tinggi Berhasil Disadap di Singapura

Setelah itu, keamanan lapis kedua bisa dilakukan lagi saat email sudah masuk. Jika seseorang yang tidak berhak melihat isi email maka hal tidak bisa dilakukan dengan leluasa.

"Kalau sudah di dalam ada email encryption, dan jatuh ke orang yang tidak berhak melihat, maka email itu tidak akan kelihatan," tuturnya.

Kementerian dan Lembaga Diserang Hacker

Ia juga menjelaskan, kalau email perusahaan harus di-setting dan yang bisa akses hanya yang berhak. Jika tidak, meski bisa melihat isi email, namun tidak bisa melihat attachment.

Untuk meningkatkan kepedulian atas pembobolan data, menurutnya, hal itu bisa datang dari perusahaan yang memiliki tim keamanan IT sendiri dengan membuat peraturan keamanan, serta memberitahu kepada seluruh pegawai perusahaan.

"Bisa juga menginformasikan keamanan dunia maya secara berkala. Memang, tidak semua bisa mengikuti IT Security seperti praktisi. Tapi itu pelan-pelan perlu dipupuk supaya memiliki awareness dengan cara tiap setengah minggu dilakukan pengecekan berkala.” (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya